Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Ketua Komisi III DPRD Paser, Miswan Thahadi meminta pengelola Plaza Kandilo memperhatikan masalah keamanan di pusat perbelanjaan terbesar di Tana Paser itu.

"Tertangkapnya seorang pencuri yang membobol sejumlah kios di dalam Plaza Kandilo pekan lalu, harus menjadi pelajaran bagi pengelola, apakah fasilitas yang ada sudah memenuhi standar keamanan," Kata Miswan, di Tana Paser, Jumat.

Menurut politisi asal PKS ini, dua masalah utama yang terjadi di Plaza Kandilo adalah masalah keamanan bagi pemilik kios dan masalah keamanan kendaraan  milik pengunjung di tempat parkir.

"Dua masalah itu harus dicarikan solusinya, intinya pengelola harus memberikan rasa aman bagi pemilik kios maupun pengunjung," kata Miswan.

Data kasus kriminalitas di lokasi parkir Plaza Kandilo, seperti diungkapkan Kabag Operasional  Polres Paser, Kompol Sukarman beberapa waktu lalu, kasus curanmor di tempat itu sampai dengan bulan Agustus mencapai 8 kasus.

Sementara kasus pencurian di kios-kios milik pedagang Plaza Kandilo baru satu yang tertangkap pelakunya.

Namun menurut Ruslan, salah pemilik kios di Plaza Kandilo, kasus pencurian memang sering terjadi namun korban tidak melaporkan kasus pencurian ini ini ke polisi.

Ruslan berharap  pihak pengelola segera memasang kamera CCTV di setiap lantai gedung Plaza Kandilo.

"Jika  ada CCTV, petugas keamanan mudah memantau apa yang terjadi di malam hari saat Plaza Kandilo tutup," katanya.

Pengamatan di dalam Plaza Kandilo, di lantai satu hingga lantai tiga tak satupun dijumpai kamera CCTV. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013