Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menyiapkan lahan untuk lokasi perkemahan internasional.

Lokasi perkemahan tersebut direncanakan berada di kawasan Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kami telah menyiapkan lahan dan lokasinya berada di area Bukit Soeharto," ungkap Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, Ahad.

Menurut Isran lahan itu saat ini yang disediakan sedang diproses oleh Kementerian Kehutanan sesuai dengan usulan Pemerintah Provinsi.

Disinggung terkait status lahan yang akan digunakan, mengingat areal bukit Suharto merupakan kawasan Taman Hutan Rakyat, Menurut Isran bisa ada perubahan ataupun status juga pinjam pakai.

"Memang lokasinya di kawasan hutan, namun tidak menjadi masalah karena kami tidak merusak hutan untuk kegiatan perkemahan,"terangnya.

Sambung Isran, Luas lahan sementara yang tengah disiapkan untuk lolasi perkemahan tersebut 500 hektare, namun demikian luas lahan tersebut terus diupayakan bertambah hingga 1.200 hektare.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim Muhammad Faisal menyambut baik wacana dari Gubernur Kaltim menyiapkan lahan perkemahan Internasional.

Untuk proposal sedang disiapkan sudah di tahapan Detail Engineering Design (DED). Kalau sudah selesai berkasnya akan dibawa ke pusat.

"Mudah-mudahan bisa menjadi tempat jambore internasional pertama kali di Kaltim dan ini merupakan cita-cita luar biasa kita," jelas Faisal.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022