Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sektor unggulan Kalimantan Timur perlu dorongan penggalian potensi yang bisa mendongkrak keuntungan perekonomian daerah. Tentu saja harus diimbangi dengan pengelolaan pascaoperasi

Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kaltim Yahya Anja. Dorongan untuk terus meningkatkan penggalian pada sektor unggulan yang dimiliki Kaltim, menurut Yahya, jangan hanya pada sektor seperti Sumber Daya Alam (SDA) yang tak terbarukan seperti migas ataupun batu bara. Namun SDA terbarukan harus terus eksis menjadi penyanggah bagi ekonomi Kaltim.

“Sektor unggulan yang kita miliki seperti pariwisata, pertanian dalam arti luas, perdagangan dan industri misalnya. Sebagai penyanggah perekonomian bagi Kaltim. Jika terus didongkrak akan menjadi kekuatan nasional, karena akan berimbas di skala nasional,” kata Yahya Anja.

Politikus Partai Demokrat ini menambahkan, dengan terus mendongkrak sektor unggulan khususnya SDA terbarukan, menjadi peluang memperluas kesempatan kerja.

“Sangat membantu keberhasilan daerah mewujudkan pembangunan jangka menengah maupun jangka panjang, sebagaimana visi Kaltim 2030,” kata Yahya.
Lebih lanjut, politikus kelahiran Tabalong, 7 Mei 1968 ini mengungkapkan harapan program-program yang mengarah pendongkrakan sektor unggulan diberi dukungan sebaik-baiknya.

“Kita di DPRD tentu tak lelah mendukung segala program-program yang dapat mendongkrak sektor unggulan yang kita miliki. Tinggal bagaimana program tersebut dibuat sebaik mungkin. Anggaran yang diajukan agar menyesuaikan antara kebutuhan, skala prioritas, target dan kemampuan keuangan daerah,” ulas Yahya. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/dhi/met)

 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013