Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk berbenah di segala aspek mulai dari penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat hingga lingkungan hidup  semakin berwujud. 

Untuk mengatasi masalah lingkugan hidup misalnya Pemkab Kukar menggandeng Forum Kabupaten Sehat Kukar diawali dengan mencanangkan operasi bersih-bersih berlabel Kota Tenggarong Sehat (KTS) 2013.

Pencanangan menuju Kota Tenggarong Sehat 2013 melalui operasi bersih-bersih di dalam kota Tenggarong  akan dilakukan Sabtu (21/9) pagi dengan melibatkan semua pihak yang ada di kota Tenggarong, seperti Pengurus bersama warga Rukun Tetangga (RT), aparat pada Kantor dan Instansi pemerintahan, organisasi sosial kemasyarakatan serta pengusaha swasta.

Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana Kota Tenggarong Sehat 2013, Mr Dave YHK, bentuk kegiatan operasi bersih-bersih kota Tenggarong ini selain membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di jalanan, got dan parit juga ada pengecetan trotoar jalan protokol  dalam kota.

"Juga mengecat dengan warna putih di batang bagian bawah  pohon  pelindung yang tumbuh di pinggir jalan protokol," katanya.

Dikatakannya,  kegiatan itu langsung dipantau Bupati Rita Widyasari bersama unsur Forum Pimpinan Kabupaten lainnya. Bupati dan rombongan  akan keliling kota Tenggarong.

"Sambil meninjau mungkin saja nanti beliau akan langsung memberi petunjuk atau masukan bagi peserta operasi bersih-bersih," ujarnya.

Namun sebelum melakukan pemantauan di beberapa titik lokasi yang menjadi sasaran operasi bersih-bersih Bupati dan rombongan akan menyambangi  Sekolah Dasar 01 dan 03 yang berada di jalan Awang Sabran dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong Jalan Mulawarman.

Di tiga lokasi satuan pendidikan  tersebut Bupati akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) nya   tentang Kawasan Bebas Asap Rokok.

Dalam kegiatan ini operasi bersih-bersih kota Tenggarong ini pihak nya akan memberikan hadiah mencapai ratusan juta rupiah.

"Tepatnya Rp 379.500.000 yang akan diberikan kepada pengelola Sekolah Sehat dan RT Sehat di dalam Kota  Tenggarong," katanya.

Untuk hadiah Sekolah Sehat akan diberikan kepada juara 1 hingga 3 serta juara Harapan 1 hingga 3. Hal yang sama juga berlaku bagi RT Sehat.

Di samping berhadiah uang bagi RT sehat juga akan mendapatkan 5 unit sepada montor pengangkut sampah dan bagi sekolahan mendapatkan tempat sampah terpilah.

Sedangkan bagi Kantor dan instansi pemerintahan baik lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun yang non SKPD  akan mendapatkan piagam penghargaan dan piala tetap Bupati Kukar.

Diharapkan Dave, bagi RT dan unit satuan pendidikan atau sekolah berlomba lomba  untuk meraih penilaian terbaik dari panitia pelaksana KTS 2013. "Karena hadiah intinya sebagai rangsangan sekaligus motivasi untuk berbuat lebih bersih lagi," katanya. (*)

Pewarta: Johan A Hakim

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013