Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Samarinda, berhasil memadamkan kebakaran sebuah rumah yang terjadi Jumat petang sehingga kebakaran tersebut tidak sempat meluas ke bangunan lain.


"Terdapat satu bangunan atau satu rumah tunggal yang terbakar dalam musibah yang berlangsung sekitar 45 menit pada senja tadi, tepatnya pukul 18.00 - 18.45 wita," ujar Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH di Samarinda, Jumat malam.

Kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Pirus, RT 08, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota itu menghanguskan area bangunan seluas 15 X 30 meter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjutnya, api muncul dari bagian dapur dan kondisi rumah sudah lama tanpa penghuni, dugaan sementara akibat korsleting listrik, namun saat ini masih menunggu tindak lanjut penyelidikan pihak kepolisian.

Beberapa unit pemadam yang ada di lokasi kejadian adalah dari Disdamkar Kota Samarinda, yakni Posko 1 menurunkan dua fire truk dan satu URC, dari Posko 3 menurunkan dua fire truk bantuan, kemudian satu mobil dari Unit Rescue.

Ada pula Satuan Redkar Kota Samarinda, Satuan PMK Swasta Samarinda, dan terdapat bantuan dari Satuan Balakarcana Samarinda.

"Untuk pengamanan, kami tadi dibantu Polsek Samarinda Kota, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Patroli Beat 110. Ada juga bagian medis dari PMI, Samarinda Siaga 112, Emergency Medical Team, dan dari Indonesian Escorting Ambulance," kata Hendra.

Dalam kesempatan ini ia berpesan kepada warga, selalu waspada terhadap segala sesuatu yang bisa memicu kebakaran, antara lain kabel listrik, tidak membakar sampah, tidak meninggalkan kompor saat menyala, dan menjauhkan korek api dari jangkauan anak-anak.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022