Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi juara 1 lomba Cerdas Cermat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 yang digelar oleh Komando Resor Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Samarinda, Kalimantan Timur.


"Selamat kepada para juara Cerdas Cermat jenjang SMP ini, terutama untuk perwakilan Kodim 0901/Samarinda dan perwakilan Kodim 0906/Kutai Kartanegara," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi saat menyerahkan penghargaan kepada para juara lomba di Samarinda, Kamis.

Terdapat dua kategori dalam Cerdas Cermat jenjang SMP yang digelar dua hari, Rabu-Kamis (3-4/8) tersebut, yakni kategori Agama Islam dan kategori Bela Negara.

Untuk kategori Agama Islam dengan materi  Akidah, Fiqih, Akhlak, Al-Quran, Tarikh, Tajwid, dan Hafalan Surah Pendek, sedangkan materi Bela Negara adalah Pancasila, Undang-Undang Negara RI, Lembaga Negara, sejarah, dan Cinta Tanah Air.

Didaulat sebagai juara 1 pada Cerdas Cermat Agama Islam adalah  SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong yang mewakili Kodim 0906/Kutai Kartanegara, diikuti MTs Nurul Hidayah Penajam yang mewakili Kodim 0913/PPU sebagai juara 2, dan juara 3 MTs Al Ikhlas Bontang yang mewakili Kodim 0908/Bontang.

Sedangkan pada kategori Bela Negara, untuk juara 1 adalah  SMPN 1 Samarinda yang mewakili Kodim 0901/Samarinda,  Juara 2 SMP 2 Penajam yang mewakili Kodim 0913/PPU, dan juara 3 SMP 3 Tenggarong yang mewakili Kodim 0906/Kutai Kartanegara.

Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara ini masing-masing juara mendapat trofi, piagam, dan uang pembinaan, yakni juara I mendapatkan uang pembinaan  Rp9 juta, juara 2 senilai Rp6 juta, dan untuk juara 3 senilai Rp4,5 juta.

Dalam penutupan lomba, Danrem 091/ASN menyatakan bangga karena seluruh tim telah tampil penuh semangat, sehingga ia menyimpulkan bahwa dari sisi kemampuan para peserta, semua memiliki talenta dan memiliki potensi untuk terus berkembang. 

"Saya berharap dari lomba ini, generasi muda di Kalimantan Timur dapat mewujudkan generasi yang Islami, cerdas, beriman, bertakwa, cinta Al-Quran," katanya.

Sedangkan dalam upaya meningkatkan kecerdasan para generasi muda, maka mulai saat ini harus selalu rajin belajar, berlatih, termasuk harus selalu membangkitkan semangat kecintaan kepada bangsa dan negara.

"Tingkatkan terus rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, dan rasa empati jiwa patriotisme dalam bela negara, khususnya untuk generasi penerus bangsa. Tingkatkan juga silaturahmi antar-sesama anak bangsa guna memupuk persaudaraan," kata Danrem.

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022