Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pertemuan dengan pihak terkait dan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mematangkan persiapan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.


"Banyak yang harus disiapkan dalam rangkaian HUT Kemerdekaan, diantaranya pemberian remisi, ramah tamah dengan veteran, napak tilas perjuangan, dan lainnya," ujar Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan, Perbatasan, dan Otonomi Daerah Setprov Kaltim Imanudin saat memimpin pertemuan di Samarinda, Rabu.   

Dalam pertemuan tersebut antara lain diketahui, terdapat 399 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltim akan menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya atas pengabdian yang dilakukan dalam masa 10-30 tahun dengan penyerahan pada 12 Agustus di Odah Etam, Komplek Kantor Gubernur. 

Rinciannya adalah penerima penghargaan untuk pengabdian menjadi ASN selama 10 tahun terdapat 232 orang, pengabdian selama 20 tahun sebanyak 70 orang, dan penerima Satya Lencana Karya Satya dengan pengabdian 30 tahun sebanyak 97 ASN.

Kemudian pada Sabtu, 13 Agustus, diagendakan Napak Tilas Perjuangan di Taman Makam Pahlawan Samarinda, untuk mengenang para pejuang dalam mengusir penjajah. 

Pada 16 Agustus akan ada tiga agenda dengan jam yang berbeda, yakni pagi, siang sore. Pada pagi dijadwalkan ramah tamah dengan veteran, kemudian Rapat Paripurna di DPRD Kaltim pada siang, dan pemberian remisi untuk narapidana diagendakan sore. 

Dalam rapat persiapan ini juga disepakati bahwa gladi kotor akan dilaksanakan pada 15 Agustus di Stadion Kadrie Oening, di lokasi yang sama saat pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 mendatang. 

"Mengingat ini masih suasana pandemi, maka semua rangkaian peringatan ini harus tetap menjaga prokes, sehingga panitia harus saling mengingatkan untuk menyiapkan hand sanitizer, menjaga jarak antara peserta yang satu dengan lainnya, serta prokes lainnya," kata Imanudin. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022