Pejabat baru Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo memulai tugasnya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.
 

Panglima bersama Nyonya Rahma Tri Budi Utomo tiba di Bandara Sepinggan dan disambut tarian selamat datang, tari penyambutan  secara adat Orang Kenyah di Bumi Etam.

“Juga disambut dengan tradisi Tapung Tawar,” kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman (Kapendam) Kolonel Inf Taufik Hanif.

Dalam adat Kutai atau pun Banjar, tradisi tapung tawar adalah untuk menolak bala, dan dalam doa-doa yang dipanjatkan permohonan agar semua diberi kesehatan, kelancaran dan keselamatan dalam melaksanakan tugas.

“Hal ini juga dimaknai bahwa Mayjen TNI Tri Budi Utomo dalam mengemban tugas sebagai Pangdam VI Mulawarman agar selalu terhindar dari segala rintangan, gangguan, dan selalu dalam lindungan Tuhan YME,” jelas Kapendam.

Mayjen TNI Tri Budi sebelum ini adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Ia bertanggungjawab mengatur pengamanan Presiden Joko Widodo dalam setiap kegiatannya, terutama saat presiden melakukan kunjungan ke berbagai tempat, baik di Tanah Air maupun di luar negeri.

Karena Presiden Jokowi kerap kali berkunjung ke Kaltim, maka Mayjen Tri Budi sangat mengenal Kaltim, termasuk wilayah Semoi dan Sepaku yang menjadi kawasan Ibukota Nusantara yang pembangunannya sudah dimulai sekarang.

Mayjen Tri Budi menggantikan pejabat lama Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Rumekso yang segera mendapat penugasan baru.

Saat kedatangan di Bandara Sepinggan, selain para pejabat Kodam VI Mulawarman, juga meluangkan waktu Gubernur Kaltim Isran Noor dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto.

“Selamat datang di Bumi Etam, selamat bertugas,” kata Gubernur Isran dalam kesempatan tersebut.

 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022