Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Zainal Arifin meminta pemerintah pusat melibatkan pengusaha lokal, khususnya di daerah berjuluk "Benuo Taka" itu, dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Bakal banyak proyek besar dalam pembangunan IKN Nusantara," kata dia di Penajam, Kamis.

Dengan banyaknya proyek besar dalam pembangunan IKN, lanjutnya, pasti akan ada peluang kerja bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha setempat.

Dia berharap pengusaha lokal mendapat ruang untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara.

"
Kami minta pengusaha lokal juga diakomodir pemerintah pusat dalam pembangunan IKN," tambahnya.

Jangan sampai sumber daya manusia (SDM) lokal hanya sebagai tenaga kerja kasar, sementara pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat tidak diberdayakan.

Dengan melibatkan
 pelaku usaha lokal dalam pembangunan IKN, menurut dia, maka bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap kegiatan perekonomian di Kabupaten Penajam Paser Utara terwujud.

Dia meminta tenaga kerja dan pelaku usaha lokal dapat diakomodir agar manfaat pembangunan IKN di sebagian wilayah daerah "Benuo Taka" itu, terutama di Kecamatan Sepaku, dapat dinikmati warga secara merata.

Dalam dua tahun terakhir, tambahnya, ada beberapa pengerjaan pembangunan sarana dan prasarana penunjang IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku

Namun, kata Zainal Arifin, keterlibatan pelaku usaha lokal belum optimal dalam pembangunan yang sudah berjalan tersebut.(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022