Sangatta (ANTARA Kaltim) - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Timur menggelar apel kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Timur di halaman Mapolres di kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Jumat.

Kapolres Kutai Timur AKBP Budi Santoso yang menjadi menjadi inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan, Polres Kutai Timur dan jajarannya akan menurunkan 283 personel dengan didukung 37 personel BKO Polda Kaltim dan Linmas 1.184 personel.

"Upacara kesiapan pengamanan dengan menggelar kekuatan secara terpadu menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, dengan mempertimbangkan perkembangan situasi yang terjadi di lapangan," kata Kapolres AKBP Budi Santoso.

Dikatakan Kapolres, beberapa hal yang diharapkan melalui kegiatan kesiapan pengamaman Pilkada, antara lain dapat meningkatkan kesiapan kesatuan dan kemampuan perorangan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan pengamanan Pilkada Provinsi Kaltim 10 September 2013.

Kemudian, ujarnya, menyamakan pola pikir dan pola tindak bagi personel Polres Kutai Timur dan jajarannya sesuai peran masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Kaltim 2013.

Meningkatkan dan memantapkan kemampuan serta keterampilan teknis dan taktis personil Polres dalam pengamanan, pengawasan dan tugas penegakan hukum.

Ia berharap koordinasi itu mampu memantapkan kerjasama terpadu antara personel Polres Kutai Timur serta unsur instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan pengamanan Pilgub/Wagub tahun 2013 secara berhasil guna dan berdaya guna.

"Apel kesiapan juga diharapkan dapat memberikan masukan para tim sukses masing-masing pasangan calon untuk saling bekerja sama demi terlaksananya Pilkada yang tertib, aman lancar, damai, santun, bermartabat dan kondusif," tegas Kapolres.

Upacara Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan wakil Gubernur Kaltim di Mapolres Kutai Timur diijkuti jajaran TNI Kodim 0909/SGT, TNI Lanal Sangatta, Sub Denpom Sangatta, Satpol PP, Senkom Kutai Timur, Kesbang Linmas, serta jajaran Hansip.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013