Samarinda(ANTARA Kaltim) - Sebanyak 25.393 personel gabungan dari TNI, Polri dan Linmas akan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim).

Pada pengamanan Pilgub Kaltim kali ini jumlah personel pengamanan terdiri dari Polri sebanyak 5.643 anggota, TNI sebanyak 1.750 anggota dan Linmas 18.000 anggota.

"Kita harapkan rangkaian pilkada di Kaltim ini bisa berlangsung dengan sukses, aman dan damai, tentunya mengarah ke situ proses. Kita polisi punya tugas untuk mengamankan punya kewajiban mempersiapkan diri untuk pelaksanaannya," kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Kapolda Kaltim), Irjen Pol Dicky D Atotoy seusai melihat simulasi pengamanan Pilgub Kaltim di GOR Sempaja, Samarinda, Jumat.

Simulasi dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas, namun saat ini Kapolda katakan situasi keamanan di Kaltim masih kondusif, mudah-mudahan masih dapat terawat dengan baik.

"Sementara secara umum jumlah angka kriminalitas belum meningkat hanya dari pantauan kita suhu politik meningkat yang penting tidak ada masalah kamtibmas secara umum," kata Dicky.

 Ditambahkannya bahwa operasi pengamanan Pilgub Kaltim yang bernama Mantap Praja 2013, sudah mulai dilaksanakan pada awal penetapan Calon Gubernur - Calon Wakil Gubernur (cagub - cawagub) dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaltim.

"Namun yang paling rawan adalah tahapan kampanye, minggu tenang dan pemungutan suara. Saya menghimbau seluruh masyarakat Kaltim mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga bisa sukses pelaksanaannya," kata Dicky.

Pada Pilgub Kaltim ada Tiga pasangan Calon Gubernur - Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) dan pada Sabtu (24/8) ketiga pasangan menyampaikan visi misinya di DPRD Kaltim, Samarinda.

Sesuai agenda acara mulai pukul 10.00 Wita, tiga pasangan Cagub-Cawagub Kaltim masing-masing Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal, Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex dan Imdad Hamid - Ipong Muchlisoni akan menyampaikan visi-misi sekaligus awal dimulainya masa kampanye Pilgub Kaltim tahun 2013.

 Penyampaian visi misi tersebut digelar di Sekretariat DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar Karang Paci, Samarinda. Sekretaris DPRD Kaltim Fachruddin Djaprie menyampaikan acara misi visi ini akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi lokal TVRI dan Radio RRI (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013