Komandan Korem 091/ASN (Aji Surya Natakesuma) Samarinda, Kalimantan Timur,  Brigjen TNI Dendi Suryadi mengatakan, Upacara Bendera yang diikuti para siswa tiap hari Senin, salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme anak bangsa. 


"Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat pada negara, maka upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa," ujar Danrem 091/ASN saat menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN 002 Samarinda, Senin. 

Apalagi upacara bendera juga ada kaitannya dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga para siswa diajak terus berlatih dan belajar segala hal, termasuk berlatih menjadi peserta upacara. Upacara ini juga dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas antusias yang ditunjukkan oleh para peserta upacara, sehingga semangat ini harus terus digelorakan para siswa untuk belajar, menghormati guru, orang tua, dan semangat membantu orang tua di rumah. 

Ia bercerita bahwa SD ini dulunya bernama SD Teladan, kemudian diganti nama menjadi SD 009, dan sekarang berubah lagi namanya menjadi SDN 002. Ia mengikuti perkembangan sekolah tersebut karena ia merupakan alumni SD yang terletak di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Samarinda Kota itu. 

"Saya dulu sekolah di sini dan lulus tahun 1982, maka saya siap memberikan motivasi, inspirasi bagi segenap siswa SDN 002 Samarinda Kota ini untuk senantiasa menyiapkan diri menjadi generasi yang cerdas sebagai penerus cita-cita Bangsa Indonesia," ucap Dendi. 

Danrem juga berpesan kepada siswa untuk terus berkarya di segala bidang yang bermuara pada prestasi sehingga kelak dapat membanggakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, menjauhi narkoba dan perkelahian.

Dalam upacara ini juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara SDN 002 Samarinda Kota dengan Danrem 091/ASN, yakni untuk membangun Kemitraan dalam upaya pencegahan, pengendalian kerusakan, dan pelestarian lingkungan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 002 Samarinda Kota Isnawati, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas upacara yang dilaksanakan oleh Korem 091/ASN di sekolah yang dipimpinnya. 

"Ini merupakan kegiatan positif dalam rangka menanamkan wawasan kebangsaan. Kegiatan seperti ini merupakan cara untuk merawat dan memberikan pemahaman yang baik tentang Bangsa Indonesia, sehingga sedini mungkin generasi muda dapat mengetahuinya," ujar Isnawati.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022