Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Ahmad Usman menyebutkan Forum "Corporate Social Responsibility/CSR" atau untuk mengawasi penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan selaraskan kewajiban perusahaan dengan program pemerintah kabupaten setempat.

"Forum CSR  program tanggung jawab sosial yang menjadi kewajiban perusahaan sejalan dengan program dan kegiatan pemerintah kabupaten," ujar Ahmad Usman di Penajam, Selasa.

"Tim fasilitasi sesuaikan program pemerintah kabupaten yang akan diajukan dalam dana CSR (dana tanggung jawab sosial perusahaan)," tambahnya.

Tim fasilitasi dari unsur Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang selaraskan program dan kegiatan prioritas di daerah berjuluk "Benuo Taka" tersebut dengan Forum CSR.

Tim fasilitasi pemerintah kabupaten sudah terbentuk tinggal menunggu SK (surat keputusan), setelah SK tim fasilitasi terbit kemudian dibentuk Forum CSR beranggotakan seluruh perusahaan yang beroperasi di daerah itu.

Pengurus yang tergabung dalam Forum CSR dari unsur perusahaan menurut dia, unsur pemerintah kabupaten tergabung dalam tim fasilitasi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Pembentukan Forum CSR sesuai Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, serta Peraturan Bupati tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

"Kami targetkan Forum CSR segera terbentuk karena potensi dana tanggung jawab sosial perusahaan bisa dimanfaatkan pada kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang disalurkan perusahaan perlu dikelola secara terpadu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR tersebut jelas dia, perlu ditertibkan dan ditingkatkan agar manfaatnya bisa optimal dirasakan masyarakat.

"Pemerintah kabupaten bentuk Forum CSR sebagai lembaga pengawas penyaluran dana tanggung jawab sosial dari perusahaan," tegas Ahmad Usman.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022