Alya Karina Inayah, siswi SMA Negeri 8 Balikpapan, Kalimantan Timur, berhasil meraih juara dan ditetapkan sebagai Duta Kosmetik Aman 2022 dalam ajang pemilihan yang digelar oleh Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kota Balikpapan. 


Kepala Loka POM Balikpapan Sumiaty Haslinda, saat pengumuman pemenang di Balikpapan, Kamis, mengatakan, Pemilihan Duta Kosmetik Aman dimaksudkan untuk mengenalkan kepada pelajar tentang bagaimana memilih kosmetik yang tidak membahayakan. 

Para pelajar diharapkan menjadi agen atau duta kosmetik aman di masyarakat, agar masyarakat tidak terjebak pada kosmetik tertentu yang bisa mempercantik wajah, menghaluskan kulit, dan lainnya, namun dalam jangka tertentu justru membahayakan kesehatan bagi konsumen. 

Kehadiran para duta kosmetik diharapkan bisa membantu Badan POM yang bertanggung jawab dalam pengawasan obat dan makanan, termasuk pengawasan peredaran kosmetik.

Sebelum mengikuti seleksi pemilihan duta kosmetik, para pelajar telah diberikan pembekalan, sehingga dari bekal pengetahuan yang sudah diberikan, para duta kosmetik diharapkan bisa memberikan informasi produk yang aman digunakan oleh konsumen. 

Sementara Alya Karina yang kini menyandang gelar Duta Kosmetik Aman 2022 Kota Balikpapan, mengaku bahagia atas raihan tersebut. Ia mengaku selama ini hanya menyukai ekstrakurikuler baris-berbaris, sehingga tidak menyangka bisa menjadi Duta Kosmetik Aman. 

Ia berhasil meraih nilai tertinggi di antara 26 peserta lainnya yang berasal dari 15 SMA dan SMK di Balikpapan. Juara terbaik kedua diraih Khalista Syahratunisa dari SMA Negeri 2 Balikpapan.

Sedangkan juara terbaik ketiga diraih oleh Amirah Fauzia dari SMA Negeri 4 Balikpapan. Posisi terbaik keempat dan kelima masing-masing diraih Desideria Irmawati dan Feyza Ramadianty yang sama-sama dari SMK Negeri 3 Balikpapan. 

Sementara Indah Widiarini selaku Pengawas Farmasi dan Makanan, Ahli Muda Loka POM Balikpapan mengatakan, peserta terbaik pertama hingga ketiga akan diikutsertakan dalam Duta Kosmetik Aman 2022 tingkat Nasional. 

"Harapan saya, semoga wakil dari Balikpapan ini bisa meraih gelar juara di tingkat nasional,” ujar Indah yang juga menjadi salah seorang dewan juri dalam ajang tersebut. 

Dewan juri lainnya dalam ajang ini adalah Endro S Efendi dari Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) Kaltim yang juga trainer public speaking dari Semesta Academy Samarinda. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022