Sekretaris Daerah  Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni mengatakan Pemprov Kaltim  siap melaksanakan arahan  Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah mendukung proses tahapan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 

"Minggu lalu Badan Kesbangpol melakukan kegiatan sosialisasi bersama dengan ormas terkait  persiapan  penyelenggaraan Pemilu," kata  Sri  ketika dihubungi di Samarinda, Rabu.

Ia menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut  seperti  yang disampaikan pemerintah pusat bahwa Pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal.

Seperti  diketahui , belum lama ini sempat terjadi pro dan kontra di masyarakat terkait isu penundaan Pemilu serta penambahan masa periode untuk Presiden Joko Widodo.

Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menegaskan bahwa Pemilu dan Pilkada 2024 akan tetap digelar sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Tak hanya Kemendagri, Presiden Joko Widodo berkali-kali juga sudah menegaskan bahwa Pemilu akan digelar sesuai konstitusi.

"Jadi hiruk pikuk yang di luar itu supaya tidak mempengaruhi kondisi masyarakat untuk bersiap menyongsong  pemilihan umum 14 Februari dan  pemilihan kepala daerah 27 Nopember mendatang," jelasnya.

Lanjut Sri, Pemerintah Provinsi  Kaltim melalui Badan Kesbangpol juga akan mulai melakukan pengalokasian anggaran untuk persiapan pelaksanaan Pemilu pada tahun 2024.

"Nanti ke depan kita juga ada bantuan untuk partai politik, itu juga dialokasikan lewat Badan Kesbangpol," tuturnya.

Ia menegaskan, kegiatan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sudah mulai dilaksanakan secara bertahap.(ADV/Diskominfo)
 

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022