Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur memastikan sebanyak 80 persen sarana transportasi umum khususnya armada bus di wilayah setempat telah siap melayani masyarakat yang akan mudik Lebaran.


Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim AFF Sembiring mengatakan pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap keamanan dan kelaikan transportasi untuk angkutan Lebaran.

"Kita telah bergerak cepat, melakukan ramp check terhadap transportasi bus, baik antarprovinsi maupun kabupaten kota, dan hasilnya 80 persen sarana transportasi tersebut sudah siap melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim AFF Sembiring, dalam keterangan resmi di Samarinda, Sabtu.

Sembiring menjelaskan ada tiga unsur yang menjadi target pemeriksaan guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan, yaitu kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik dan kelengkapan sarana untuk keselamatan penunjang.

“Kita cek mulai surat kendaraan, masa berlaku kir-nya dan kondisi fisik kendaraan seperti mesin maupun sistem pengereman, langkah ini dilakukan supaya kendaraan umum tersebut aman untuk keselamatan para penumpangnya,” kata Sembiring

Selain, fisik kendaraan pihaknya juga melakukan pemeriksaan identitas para supir, mulai KTP, SIM, hingga kelayakan pengemudi.

“ Kami menemukan data sopir yang sudah berumur 60 tahun di Balikpapan. Namun supir tersebut tidak melayani lintas antar provinsi tetapi hanya dalam kota, dan selalu dimonitor oleh perusahaannya maupun Organda," bebernya.

Selain transportasi darat, lanjut Sembiring, dalam waktu dekat ini juga akan melakukan ramp check terhadap keamanan dan kelaikan transportasi untuk kapal sungai dan kapal feri, dengan harapan hasilnya juga bagus.

"Untuk kapal feri penyeberangan yang melayani transportasi antar Balikpapan dan Penajam Paser Utara itu sudah dipersiapkan ada 19 kapal feri, dan kondisinya semua siap jalan," jelasnya.

Sembiring mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat melakukan perjalanan pulang kampung, dan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, karena sampai saat ini pandemi COVD-19 belum berakhir.

"Kita harapkan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022 ini berjalan lancar dan aman, serta bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Jika tradisi pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi kita harapkan lebih berhati-hati, pastikan kendaraan dalam kondisi bagus dan siap jalan," pesan Sembiring.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022