Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sejumlah tenaga pendidik dan kependidikan di Kota Balikpapan berhasil meraih empat kategori lomba pemilihan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi tingkat Provinsi Kaltim yang digelar 24 hingga 28 Juni 2013.

"Atas keberhasilan meraih juara pertama pada empat kategori dalam lomba yang dilaksanakan di Samarinda ini, maka Balikpapan menjadi juara umum dalam ajang lomba prestasi tersebut," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) Dayang Budiarti di Samarinda, Jumat.

Ke empat kategori yang diboyong Balikpapan itu adalah kategori guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kategori Kepala Taman Kanak-Kanak (TK), kategori Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan kategori Pengawas SMP.

Para juara pertama di tingkat Provinsi Kaltim ini akan mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional, yakni yang akan digelar di Jakarta pada Agustus 2013.

Menurutnya, lomba ini digelar sebagai wujud dukungan Pemprov Kaltim kepada guru, kepala sekolah dan pengawas dalam menyukseskan program Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dengan prestasi Gemilang).

Program Kaltim Cemerlang diterapkan untuk menuju kualitas pendidikan Kaltim yang lebih unggul dan berdaya saing guna meningkatkan sumber daya manusia.

Ajang pemilihan guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi ini diikuti 97 peserta dari 11 kabupaten dan kota dari 14 daerah yang ada di Kaltim, sedangkan tiga daerah yang tidak mengikutkan pesertanya adalah Kabupaten Malinau, Bulungan, dan Kabupaten Tana Tidung.

Dikatakan Dayang, tujuan lomba yang diikuti semua jenjang pendidikan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan pengajaran serta prestasi guru, kepala sekolah, dan pengawas, sehingga mampu mewujudkan pendidikan yang berkualitas di masing-masing daerah.

Tujuan lainnya adalah untuk mengkaji berbagai permasalahan yang berkembang dalam dunia pendidikan, mencari solusi, menggali program pengembangan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah melalui hasil-hasil penelitian, dan untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas dalam melaksanakan penelitian.

Sedangkan manfaat lomba pemilihan ini antara lain, agar mendapatkan data dan informasi berkaitan dengan permasalahan yang berkembang, sehingga dapat digunakan untuk mencari solusi terhadap masalah guna pengembangan peningkatan mutu pendidikan. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013