Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mencanangkan Semarak Literasi Tahun 2022 di Pulau Maratua, Kabupaten Berau.


“Hari ini kita resmikan perpustakaan Ka’entongan PKK Kecamatan Maratua. Saya dan kita semua mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perpusnas RI yang telah menyumbangkan satu unit mobil perpustakaan kepada Pulau Maratua,” ucap dia dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Selasa.

Semarak Literasi Maratua dimeriahkan pameran dan bazar Perpustakaan Literasi Inklusi Sosial Kabupaten Berau di Pulau Maratua pada 15-16 Maret 2022.

Selain itu, digelar produk dan bazar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Berau, dilanjutkan peresmian Perpustakaan Ka’entongan TP PKK Kecamatan Maratua.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Berau, karena di "Bumi Batiwakkal" ini ternyata ada empat sekolah yang pernah juara perpustakaan tingkat nasional.

Prestasi ini, kata dia, menandakan masyarakat kabupaten paling utara di Kaltim ini mempunyai semangat membaca atau semangat literasi yang tinggi.

Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto, dan Wakil Bupati Berau Gamalis pada kegiatan itu.

Ia berharap, bantuan mobil untuk perpustakaan dapat lebih meningkatkan minat baca masyarakat di pulau terluar Kalimantan Timur ini.

“Mudah-mudahan bukan sekadar mobilnya saja, tetapi semangat literasi harus kita bangun,” katanya.

Ia mengatakan Pulau Maratua sudah menjadi destinasi internasional sehingga diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memasarkan, melayani, serta meningkatkan pariwisata di Maratua.

"Perlu pendidikan dan semangat literasi yang tinggi, karena hari ini kita mencanangkan Semarak Literasi Maratua. Mudah-mudahan ke depan Pulau Maratua ini bisa seperti Maladewa," kata dia.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022