Samarinda (ANTARA Kaltim) - PT Kaltim Prima Coal (KPC) secara resmi menyerahkan sejumlah proyek umum yang dibangun dengan dana anggaran Corporate Social Responcibility (CSR) sebesar Rp146 miliar lebih di ruang utama Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Rabu (19/6) malam.

Siaran Pers PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang diterima ANTARA, Jumat, menyebutkan berbagai proyek fasilitas umum yang didanai CSR KPC senilai Rp146.169 miliar tersebut antara lain Jalan Soekarno-Hatta dua jalur sepanjang 8,569 Kilometer.

Selain itu, Jalan Soewandi tembus Jalan Soekarno-Hatta hingga Jalan Sangatta-Bengalon sepanjang 1.950 kilometer atau total jalan mencapai 10.519 kilometer.

Proyek lain adalah Fly Over Soewandi, Taman Pesawat (Intai Maritim) dan Jalan Soewandi Extention hingga taman maritim alias taman pesawat yang terletak dipuncak kawasan bukit pelangi.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Husein Akma mengatakan, serah terima pembangunan infrastruktur fasilitasn umum dilakukan dalam acara Gala Dinner bertema "Dari KPC Untuk Kutai Timur".

Chief Executive Officer (CEO) KPC Endang Ruchijat mewakili PT KPC dan Isran Noor mewakili Pemkab dan rakyat Kutai Timur, berlangsung hingga tengah malam.

Pembangunan proyek fisik tersebut, kata Husein Akma, dikerjakan dalam dua tahap yakni 2008-2010 dan 2011-2013 oleh 22 perusahaan kontraktor lokal.

"Jalan soekarno hatta dan fasilitas umum lainnya, dibangun sebagai salah satu kontribusi KPC untuk kemajuan Kutai Timur," katanya.

Dijelaskan Husein Akma, Jalan Soekarno-Hatta dibangun dengan pondasi soil cement base, finishing tabur dua (burda) dan memiliki lebar badan jalan 2 x 7 meter dengan lebar bahu jalan 2 x 2 meter serta media jalan median tiga meter.

Sedangkan Jalan Soekarno-Hatta-Soewandi dibangun dengan anti pepenangan longsor stabilitas lereng galian dan timbunan tanah serta aplikasi geotek dan gabion. Jalan tersebut memiliki drainase permanen dengan struktur pasangan batu gunung dengan luas penampungan drainase 0,3 meter dan panjang saluran mencapai 1.580 meter.

Penyelesaian berbagai proyek tersebut tidak terlepas dari keterlibatan Dinas Pekerjaan umum dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur dengan berbagai instansi lainnya.

Acara serah terima proyek CSR KPC disaksikan Ketua DPRD Alfian Aswad dan wakil ketua I DPRD Mahyunadi, Sekretaris Daerah Ismunandar, Komandan Korem (Danrem) 091 Aji Suryanata Kusuma (ASN), Kolonel (Inf) Bambang Budi Waluyo, Dandim 0909/SGT Letkol Husni Mubarak, Danlanal Sangatta Letkol laut Sigit Santoso, Kasintel Kejari Dody Emil Gozali. Sejumlah pejabat SKPD Kutai Timur, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, LSM.

Dalam sambutan singkatnya, Chief Executive Officer (CEO) KPC Endang Ruchijat mengatakan, penyelesaian pembangunan Jalan Soekarno-Hatta-Soewandi, merupakan bentuk komitmen KPC untuk memperhatikan kebutuhan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan tambang.

"Karena akes jalan yang baik tentunya akan sangat mendukung aktivitas sosial- ekonomi masyarakat," kata Endang Ruchijat.

Endang Ruchijat mengharapkan, sarana infrastruktur yang dibangun KPC, semoga bisa mempercepat pembangunan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Semoga proyek infrastruktur yang kami bangun ini bisa mempercepat pembangunan KutaiTimur dan memberikan manfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakatsekitar," kata Endang.

Ia mengatakan sudah menjadi komitmen KPC untuk terlibat memberikan sumbangsi dalam pembangunan KutaiTimur, sebagai bentuk nyata penerapan konsep penambangan yang baik dan benar.

"Sudah menjadi komitmen kami bahwa saat beroperasi kami bisa melakukan prinsip operasi penambangan yang baik, memperhatikan lingkungan, serta turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan tambang," katanya dalam siaran persnya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013