Jumlah penambahan kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur hari ini kembali tinggi yang mencapai 40 orang, setelah sehari sebelumnya hanya ada penambahan 11 orang positif.
 
 
"Mengingat jumlah pasien aktif COVID-19 terus bertambah, maka kami kembali mengingatkan masyarakat PPU bijak dalam bepergian dan tetap mematuhi prokes," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Selasa.
 
Adanya penambahan 40 positif hari ini, maka total aktif COVID-19 di kawasan yang ditetapkan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut menjadi 234 orang.
 
Dari total aktif 234 orang tersebut, lanjut Grace yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini, masih ada 231 orang menjalani isolasi mandiri, kemudian terdapat 3 pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit.
 
Ia juga mengatakan bahwa total aktif sebanyak 234 orang itu tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sepaku dengan kasus aktif COVID-19 masih ada 68 orang sehingga kecamatan ini berada di zona merah.
 
Kemudian di Kecamatan Penajam juga masih bertahan di zona merah dengan jumlah kasus aktif masih ada 106 orang, naik ketimbang kemarin yang terdapat 97 orang.
 
Sementara dua kecamatan lainnya telah meninggalkan zona merah, yakni Kecamatan Babulu di zona oranye dengan jumlah kasus aktif COVID-19 sebanyak 44 orang, naik ketimbang sehari sebelumnya yang tercatat 36 orang.
 
Berikutnya Kecamatan Waru masih bertahan di zona kuning dengan jumlah kasus aktif sebanyak 16 orang, naik ketimbang hari sebelumnya yang berjumlah 15 orang.
 
"Hari ini di Kabupaten PPU juga terdapat penambahan 17 pasien sembuh dari COVID-19, sehingga total sembuh menjadi 5.150 orang. Kemudian ada penambahan 42 kasus suspek, sementara total positif sejak 2020 hingga hari ini mencapai 5.617 orang," ucap Grace.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022