Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda M Ilham Agung menegaskan saat ini pihaknya belum menerapkan kunjungan tatap muka, melainkan masih kunjungan secara virtual di lapas setempat.

"Sampai hari ini belum ada peraturan terkait kunjungan tatap muka. Jadi masih virtual dengan disediakan handphone dan video cal gratis di dalam lapas," jelas Ilham di Samarinda, Kamis.

Namun, ia menyebut pihaknya tetap memfasilitasi titipan berupa makanan atau barang yang sebelumnya diperiksa terlebih dahulu oleh petugas keamanan.

Baca juga: Kalapas Samarinda: 300 warga binaan mendapat asimilasi di rumah

Dia pun menyebutkan, tidak ada kendala yang terlalu signifikan dalam penerapan kunjungan lapas yang masih virtual tersebut.

"Cuma karena memang biasanya orang bertemu saat berkunjung dan ini tidak bertemu tentu warga binaan pemasyarakatan sering bertanya kapan bisa kunjungan tatap muka," ungkapnya.

Kalapas pun menegaskan, pihaknya masih menunggu perintah pimpinan, namun sampai saat ini belum ada petunjuk sehingga pihaknya pun belum bisa memberlakukan kunjungan tatap muka.

Baca juga: Hasil Kerajinan Warga Binaan Lapas Perempuan Samarinda betsaing

Untuk diketahui, total seluruhnya warga binaan di Lapas Kelas IIA Samarinda sangat ini melebihi kapasitas atau lebih dari 50 persen kapasitasnya.

"Sampai hari ini terdapat 820 warga binaan dari kapasitas 217 orang di Lapas Kelas IIA Samarinda," tutupnya.

Baca juga: Kasus Narkoba Dominasi Warga Binaan Lapas Perempuan Samarinda

Pewarta: R'sya R

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022