Sebanyak enam dari dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir pada Kamis mulai pukul 08.00 Wita hingga Jumat dini hari, sehingga semua pihak diimbau mewaspadai dampaknya.


"Dampak dari hujan lebat dan hujan petir yang perlu diwaspadai adalah banjir, jalan licin, tanah longsor, pohon tumbang, dan dampak lainnya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Rabu.

Kewaspadaan dini terhadap dampak cuaca tersebut bahkan telah disampaikan ke pihak terkait di kabupaten/kota di Kaltim, terutama kepada BPBD masing-masing, sehingga dari peringatan dini tersebut diharapkan dilakukan berbagai langkah antisipasi.

Rincian dari 6 daerah itu adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Kamis (13/1) Januari diprakirakan terjadi hujan petir di dua kecamatan pukul 11.00 Wita, yakni Kecamatan Babulu dan Kecamatan Waru.

Kemudian di Kabupaten Paser hujan petir berpotensi terjadi pada pukul 11.00 Wita di Kecamatan Long Kali, pukul 14.00 di Kecamatan Muara Samu, dan pukul 23.00 Wita diprakirakan hujan lebat di Kecamatan Long Ikis.

Di Kabupaten Mahakam Ulu, lanjutnya, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan, yakni pukul 20.00 Wita berpotensi terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, Laham, Long Hubung, dan Kecamatan Long Pahangai.

Pukul 23.00 waktu setempat diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Hubung, dan Long Pahangai. Sedangkan pada Jumat dini hari atau pukul 02.00 diprakirakan hujan petir di Kecamatan Long Hubung.

Untuk Kota Samarinda, lanjutnya, pada Kamis pagi diprakirakan sejumlah kecamatan dengan cuaca cerah dan beberapa kecamatan lainnya berawan.

Sedangkan pada pukul 11.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan.

Berikutnya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni hujan petir pada Kamis diprakirakan terjadi pukul 11.00 di Kecamatan Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Samboja.

Kemudian Jumat dini hari atau pukul 02.00 hujan petir berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sebulu, Kotan Bangun, dan Muara Kaman.

"Untuk Kabupaten Kutai Barat, Kamis pukul 23.00 Wita diprakirakan hujan lebat di Kecamatan Bongan. Hujan petir di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung. Jumat dini hari diprakirakan terjadi juga di Long Iram dan Linggang Bigung," kata Erika.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022