Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan menggelar lomba seni “Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021” secara daring mulai 18 September 2021 hingga 2 Oktober 2021.


“BIC 2021 ini kegiatan kompetisi seni pertama yang kami gelar secara nasional,” kata Koordinator Lokasi Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan Alfian Samudra, Sabtu.

Sebelum ini, BIC hanya untuk lingkungan sekolah IPEKA Balikpapan, dan dilangsungkan terakhir kali tahun 2013.

“Ternyata ketika wabah COVID-19 berlangsung, kami malah bisa menyelenggarakan hingga level nasional,” kata Alfian semringah.

BIC tahun ini berisi lomba bercerita, menyanyi solo, desain poster, podcast, fotografi, dan band. Sebanyak 218 siswa SD-SMP-SMA usia 9-18 tahun dari 44 sekolah, baik dari sekolah-sekolah IPEKA di kota lain maupun sekolah umum tercatat sebagai peserta. Mereka berasal dari 15 kota di 12 provinsi.

Menurut Alfian, penyelenggaraan BIC ini bukti bahwa wabah COVID-19 bukan halangan untuk kreativitas dan berprestasi. Karena itu BIC 2021 ini mengambil tema Rise Up atau bangkit.

“Masa wabah seperti ini tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki murid. Mereka harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensinya apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni. Khusus untuk seni, BIC ini menjadi wadah para murid mengembangkan potensinya bidang seni,” jelas Alfian panjang lebar.

Selain perlombaan, BIC 2021 juga menjadi ajang diperkenalkannya SMAK IPEKA Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun 2021. Harapannya melalui kegiatan ini, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan dapat dikenal masyarakat sebagai tempat bagi para murid memperoleh pendidikan yang baik serta mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

Sebelumnya, BIC 2021 dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Balikpapan Muhaimin MT.

“Kami menyambut gembira dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya BIC 2021 ini. Kami melihat lomba-lomba yg dihadirkan walaupun secara virtual, sangat menarik,” kata Muhaimin. Ia menambahkan BIC ini selaras dengan Festival Lomba Seni murid Nasional (FLS2N) yang menjadi agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Menurut Kadisdik, siswa asal Balikpapan yang berprestasi di BIC jelas sudah memiliki bekal untuk berlomba di FLS2N di tingkat kota dan Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan BIC 2021 berlangsung secara daring  mulai dari tahap pendaftaran, pelaksanaan, hingga penjurian pada 18-28 September 2021. BIC 2021 memperebutkan hadiah total Rp25 juta bagi para pemenang yang diumumkan pada acara penutupan pada 2 Oktober 2021.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021