Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan tiga desa atau kelurahan di daerah itu menjadi kawasan bersih narkoba.

"BNK targetkan bentuk kawasan bebas narkoba di tiga wilayah desa/kelurahan," ujar Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam di Penajam, Minggu.

Nominasi program nasional kawasan bersinar atau bersih narkoba pada 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara yakni Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.

Kemudian Desa Labangka di Kecamatan Babulu dan Kelurahan Penajam di Kecamatan Penajam juga nominasi menjadi kawasan bersinar 2021.

"Penilaian wilayah bersih narkoba itu dilakukan oleh BNK bersama Polres Penajam Paser Utara," ucap Hamdam.

"Penilaian memperhatikan tingkat potensi dan kerawanan penyalahgunaan narkoba," tambah Ketua BNK Penajam Paser Utara tersebut.

Pencanangan wilayah bebas atau bersih narkoba tersebut merupakan pertama kali di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penetapan desa dan kelurahan yang menjadi nominasi sebagai kawasan bersih narkoba jelas Hamdam, melalui SK (surat keputusan) kepala daerah.

Sebelum dicanangkan sebagai nominasi kawasan bersih narkoba, ketiga desa dan kelurahan tersebut diverifikasi dan diidentifikasi terlebih dahulu.

Bersih narkoba itu merupakan program Badan Nasional Narkoba atau BBN dengan nama Desa Bersinar atau desa bersih dari narkoba.

Program Desa Bersinar untuk memberantas dan mencegah peredaran narkoba di tingkat desa dan kelurahan.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021