Nunukan (ANTARA Kaltim) - Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, untuk membuka Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) di universitas tersebut pada 2013.

Pembantu Dekan III FKG Unhas, Prof Dr drg M Hendra Canda MS di Nunukan, Senin, mengatakan Unhas telah menjalin kerjasama dengan Unmul untuk membuka FKG di universitas terkenal di Provinsi Kaltim ini.

"Upaya ini merupakan suatu hal yang baik, dan perlu mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat dan pemerintah di Kaltim karena akan memudahkan bagi lulusan SMA di wilayah itu untuk melanjutkan
pendidikan pada kedokteran gigi," katanya.

Dengan adanya persetujuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI, lanjut dia, maka suatu langkah maju bagi Unmul Kaltim bekerjasama dengan Unhas sekaligus ditunjuk sebagai pembina.

Menurut Pembantu Dekan III FKG Unhas ini, setelah adanya persetujuan tersebut maka direncanakan mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2013-2014 ini.

"Jadi tahun ini (2013) sudah menerima mahasiswa baru dan Unhas ditunjuk sebagai pembinanya," ujar Hendra saat memberikan sambutan pada penerimaan mahasiswa FKG Unhas oleh Pemkab Nunukan di Kantor Bupati Nunukan, dalam rangka "Kerja Sosial Nasional" yang akan berlangsung 6-14 Januari 2013.

Ia mengatakan, terlaksananya kerja sama antara Unmul dan Unhas itu merupakan suatu langkah maju dan harus diapresiasi oleh masyarakat dan pemerintah Provinsi Kaltim karena akan memudahkan lulusan SMA di wilayah ini yang akan melanjutkan pendidikan pada FKG.

"Jadi, penerimaan mahasiswa baru akan dimulai tahun ajaran 2013-2014," ujarnya.

Kerja sama ini sebenarnya telah lama dirancang, namun baru dapat diberikan kesempatan oleh Dirjen Dikti untuk menerima mahasiswa baru pada 2013 ini, bebernya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013