Nunukan,  (ANTARA Kaltim) - Jumlah penumpang yang berangkat di Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Lamijung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, mengalami lonjakan signifikan menjelang pergantian tahun ini.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nunukan, Wahyudi Kawariyin, di Nunukan, Jumat, membenarkan, adanya lonjakan penumpang sekitar 20 persen sejak perayaan Natal, 25 Desember.

Lonjakan penumpang ini terjadi pada semua jalur palayaran yakni rute Nunukan-Tarakan maupun Nunukan ke pulau-pulau lain di dalam wilayah Kabupaten Nunukan seperti Sebuku dan Seimenggaris.

"Memang sejak Hari Natal, terjadi perubahan suasana pemberangkatan penumpang di Pelabuhan Lamijung. Semua armada yang akan berangkat ke Tarakan tampak penuh dengan penumpang," akunya.

Jumlah armada berupa speed boat yang berangkat dari PLBL Lamijung tujuan Tarakan, lanjut Wahyudi, sebanyak tujuh buah dengan kapasitas penumpang masing-masing 25-50 orang.

Terjadinya lonjakan ini, kata dia, ada kaitannya dengan pergantian tahun yang bertepatan dengan musim liburan anak sekolah dan pegawai kantoran.

"Penumpang yang berangkat ke Tarakan adalah warga Nunukan yang kemungkinan akan merayakan pergantian tahun di Tarakan sekaligus berlibur," ucap Wahyudi ketika ditemui di PLBL Lamijung.

"Jadi lonjakan penumpang itu terjadi adalah yang berangkat ke Tarakan. Sedangkan penumpang yang datang malah menurun," tambahnya.

Berbeda dengan penumpang antarpulau dalam wilayah Kabupaten Nunukan, seperti dari Sebuku dan Seimenggaris, Wahyudi mengatakan yang mengalami lonjakan adalah Ketibaan yang juga kemungkinan besar untuk merayakan pergantian tahun dan liburan anak sekolah juga.

Ia menjelaskan, jumlah penumpang dari Tarakan yang tiba di PLBL Lamijung Nunukan pada November 2012 sebanyak 5.5542 orang dan yang berangkat sebanyak 5.873 orang.

Sedangkan per 27 Desember 2012, jumlah penumpang yang tiba sebanyak 5.643 orang dan yang tercatat berangkat dari tujuh armada tersebut sebanyak 6.311 orang.

Jadi, jumlah penumpang yang berangkat sampai akhir tahun bisa mencapai 7.000-an orang dan yang tiba diperkirakan mencapai 6.000-an orang.

"Masih ada pemberangkat tiga hari lagi, jadi dipastikan penumpang yang berangkat dan yang tiba di PLBL Lamijung ini masih mengalami kenaikan," ujarnya.

Armada speed boat yang melayani rute Nunukan-Tarakan, yaitu SB Tri Putri, DC 10, Minsen, Sadewa, Sinar Baru Expres, Gundala dan Menara Indah Expres. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012