Sedikitnya 42 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas mengikuti vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam (RSJD AHM) Samarinda. 


Staf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian dan Kesra Noor Albarakati mengatakan kegiatan Ini merupakan bagian dari program vaksinasi tahap 3 dengan target ODGJ dan penyandang disabilitas sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/598/2021.

Di Kaltim sendiri target ODGJ dan penyandang disabilitas yang akan divaksin diperkirakan mencapai 4.122 orang, sementara yang hari ini divaksin baru berjumlah 42 orang.

“Jadi jangan lihat persentasenya hanya satu persen. Yang penting, RSJD Atma Husada Mahakam sudah memulai dan ini harus kita dukung. Harus dilanjutkan sampai seratus persen,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian dan Kesra Noor Albarakati saat mewakili Wakil Gubernur Kaltim membuka Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi ODGJ dan Penyandang Disabilitas di RSJD AHM Samarinda, Rabu (16/6/2021).

Noor Albarakati menegaskan semua bisa divaksin, tidak terkecuali para ODGJ dan penyandang disabilitas. Ini adalah bukti bahwa pemerintah hadir untuk melayani rakyat.

“Jangan takut. Masyarakat harus percaya terhadap upaya pemerintah. Semua demi kebaikan, demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ajak Noor Albarakati.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda Jaya Mualimin berharap program vaksinasi ini akan dilanjutkan oleh kabupaten dan kota. 

Sedangkan untuk penyandang disabilitas pihaknya bekerjasama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kaltim untuk pendampingan.

“Salah satu kesulitan teknis kita untuk vaksinasi ini karena banyak ODGJ tidak punya NIK (nomor induk kepegawaian),” ungkap Jaya Mualimin.

Karena itu pihaknya juga bekerjasama dengan Disdukcapil dan Dinas Sosial untuk mendata agar ODGJ memiliki NIK sehingga memudahkan mereka untuk proses vaksinasi ini. 

Syarat teknis berikutnya ODGJ yang akan divaksin harus berusia di atas 18 tahun dan memenuhi standar kesehatan untuk divaksin, seperti aman dari risiko komorbid. Khusus Kota Samarinda target ODGJ yang akan divaksin berjumlah 988 orang.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021