Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Paser Syarifa Masitah Assegaf membuka kegiatan  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ke 111 di Pendopo Kabupaten, Selasa (15/6). 

Pembukaan ini disaksikan Komandan Kodim 0904/tng Letkol Czi Widya Wijanarko, Kapolres Paser AKBP Eko Susanto, serta jajaran kejaksaan dan Pengadilan Negeri.

"Program TMMD ini merupakan upaya TNI untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan serta pembangunan masyarakat desa," kata Wabup Paser Syarifa Masitah Assegaf.

Ia mengatakan dalam program TMMD nantinya akan dibangun sarana dan prasarana untuk menunjang kehidupan masyarakat desa. 

Dikemukakannya bahwa untuk meningkatkan infrastruktur diperlukan sinergitas lintas sektor. Oleh karena itu dalam meningkatkan infrastruktur diperlukan peran serta semua pihak termasuk Kodim 0904 Tanah Grogot.

"Kami harapkan kerjasama lintas sektoral, untuk mendukung pembangunan Kabupaten Paser, terutama masalah infrastruktur," ujar Syarifa Masitah Assegaf.

Pada kesempatan itu juga Wabup Paser mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 0904 / TNG atas program TMMD yang ke 111.

"Terimakasih atas gotong royong TMMD dalam mewujudkan visi misi Paser Mas," ungkap Masitah.

Sementara itu Komandan Kodim 0904/tng Letkol Czi Widya Wijanarko mengatakan pemilihan lokasi TMMD ke 111 telah melalui survei dan pertimbangan sehingga layak untuk dimasukkan program tersebut.

"Inilah sasaran paling strategis, karena ini membuka akses jalan sebagai sentral ketahanan pangan di Desa Kerang Dayo," katanya.

Menurut Widya Wijanarko program TMMD di Kabupaten Paser dibagi menjadi dua kegiatan yakni fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 3.950 meter, pemasangan 4 unit gorong-gorong, rehab rumah tidak layak huni. 

Kegiatan non fisik berupa sosialisasi bela negara dan Wasbang, sosialisasi rekrutmen TNI, penyuluhan bahaya teroris dan paham radikal, kegiatan mengajar untuk bratas buta aksara, sunatan massal, penyuluhan KB dan penyuluhan penularan HIV/AIDS, dan kegiatan sosial lain.

Kegiatan lain sasaran pengecatan rumah ibadah, pengecetan rumah tinggal prajurit, dan pembuatan tugu TMMD.

Dandim 0904 mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Paser yang telah mendukung penuh program TMMD dan semoga dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

"Untuk pengumpulaan material telah dilaksanakan sejak pra TMMD kemarin, ini tinggal kerja saja," kata Widya Wijanarko. (ADV) 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021