Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor meminta kepada masyarakat Kabupaten Kutai Barat selain menggalakkan perkebunan juga membudidayakan ikan patin  Sungai Mahakam.

“Kalau bisa gimana caranya kita membudidayakan ikan patin yang ada di Sungai Mahakam,” kata Isran Noor saat berdialog  dalam  kunjungan kerjanya di areal perkebunan karet Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat beberapa waktu lalu.

Hal disampaikannya  ketika  menjawab pertanyaan salah seorang peserta dialog yang merupakan salah seorang petani yang tergabung dalam kelompok tani yang ada di Kutai Barat.

Ia mengatakan jika masyarakat Kutai Barat berhasil membudidayakan ikan patin yang ada di Sungai Mahakam sangat bagus karena harganya lebih mahal dan dapat meningkatkan perekonomian.

Menurutnya ikan patin Sungai Mahakam sama dengan ikan Patin yang ada di Sungai Musi  Sumetera Selatan. Jika bisa dibudidayakan sangat bagus, rasa ikan Patin sungai Mahakam dipastikan nyaman.

“Ikan Patin Sungai Mahakam banyak lemaknya dan ciri cirinya Patin Sungai itu perutnya  berwarna kuning. Jika  disuruh memilih antara ikan Patin Sungai dengan ikan Patin yang dari benih berasal dari Garut dan Bogor, lebih memilih ikan patin sungai,” katanya.

Isran Noor mengakui  jika makan ikan patin sungai yang paling enak  jangan dibuang isi perutnya,  karena lemaknya enak sekali.
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021