Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur menyosialisasikan program nasional berupa Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) ke seluruh sektor terkait, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Sekretaris DKP Kaltim Irhan Hukmaidy di Samarinda, Sabtu mengatakan program itu terus dilanjutkan dan disosialisasikan kepada berbagai lapisan masyarakat bersinergi dengan TP PKK provinsi dan kabupaten/kota.

“DKP dituntut untuk menyosialisasikan dan mempromosikan konsumsi ikan ke masyarakat, terutama bagi anak-anak dan balita, ibu hamil dan menyusui, bahkan kaum lanjut usia," kata dia.

Dalam pelaksanaan di lapangan, lanjut Irhan, DKP dan PKK telah memiliki kinerja dan jaringan yang strategis, karena program itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Bersinergi dengan TP PKK, sosialisasi terus kita laksanakan, sehingga program Gemarikan berjalan dengan baik,” katanya.

Selain sosialisasi dan menggalakkan Gemarikan, DKP terus mendorong peningkatan pemanfaatan potensi perikanan melalui perikanan tangkap dan budi daya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pengembangan berbagai produk olahan hasil perikanan yang memiliki nilai ekonomis dan daya saing tinggi, guna mendorong percepatan peningkatan perekonomian rakyat.

Selain itu, DKP melakukan pembinaan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) di pedesaan atau pesisir dengan pengembangan turunan dari produk ikan, udang, maupun hasil rumput laut untuk dikelola.

"Sehingga menghasilkan produk yang dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat serta pelaku UKM berimbas pada peningkatan kesejahteraan," ujar Irhan.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021