Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur menggelar lomba bank sampah dengan menyediakan total hadiah Rp6,25 juta.
 

"Hari ini merupakan hari pertama dalam penilaian lomba. Terdapat 10 unit bank sampah yang kami nilai hari ini," ujar Kepala DLH Kabupaten PPU Tita Deritayati di Penajam, Senin.

Total peserta yang harus dinilai dalam lomba ini sebanyak 33 bank sampah, sehingga dibutuhkan waktu empat hari untuk melakukan penilaian, yakni tanggal 7, 10, 11, 12 Juni.

"Setelah rampung penilaian, hasilnya nanti akan kami umumkan pada 14 Juni. Rencana pengumumannya sekaligus penyerahan hadiah akan dilakukan di Kantor Bupati PPU sekaligus penyerahan hadiah," ujarnya.

Para pemenang mendapat piagam penghargaan dan uang tunai, yakni juara 1 memperoleh Rp2 juta, juara 2 Rp1,5 juta, juara 3 Rp1 juta, juara harapan 1 Rp750 ribu, harapan 2 dan harapan 3 masing-masing memperoleh Rp500 ribu.

Kriteria penilaian lomba antara lain kelengkapan struktur organisasi bank sampah, buku catatan tabungan per nasabah, buku daftar nasabah, keaktifan penyetoran tabungan oleh bank sampah unit, jumlah nasabah, kreativitas, dan kebersihan.

Ia melanjutkan, tujuan lomba bank sampah unit se- Kabupaten PPU adalah untuk memotivasi pengurus bank sampah unit dalam pengelolaan sampah dan tertib administrasi, khususnya dalam manajemen bank sampah.

Kemudian untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui bank sampah unit, untuk mengevaluasi pengelolaan sampah lewat bank sampah, sekaligus memberi apresiasi kepada bank sampah yang telah mengelola sampah secara benar dan ramah lingkungan.

"Dari sisi ekonomi, pembentukan bank sampah unit di setiap kelurahan/desa, tentu akan memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat. Manfaat lainnya adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat," ucap Tita.(ADV)
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021