Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) menyiapkan 334 titik di perbankan pada 10 kabupaten/kota, untuk penukaran uang pecahan baru guna menyambut lebaran Idul Fitri 1442 H.
 
 
"Sebanyak 334 perbankan itu terbagi dua wilayah, yakni wilayah kerja BI Provinsi Kaltim sebanyak 195 titik, kemudian wilayah kerja BI Kota Balikpapan sebanyak 139 titik," ujar Kepala BI Kaltim Tutuk SH Cahyono saat zoom meeting dengan wartawan di Samarinda, Jumat.
 
Wilayah kerja BI Kaltim meliputi Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Bontang, Kutai Timur, dan Berau. Sedangkan wilayah kerja BI Balikpapan adalah Kota Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.
 
Ia melanjutkan, total uang yang disiapkan pihaknya untuk melayani kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini mencapai Rp4,12 triliun, baik berupa uang pecahan kecil maupun pecahan besar.
 
Penukaran uang tunai untuk persiapan lebaran ini dilakukan melalui loket perbankan, baik melalui bank umum maupun Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang telah kerja sama dengan BI.
 
"Bank Indonesia Provinsi Kaltim dan Bank Indonesia Kota Balikpapan telah bekerjasama dengan berbagai perbankan dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang menjelang Idul Fitri," katanya.
 
Adanya 334 titik penukaran uang secara gratis ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat tidak melakukan penukaran uang di lokasi penukaran yang tidak resmi, sehingga dapat meminimalisir peredaran uang palsu.
 
"Uang yang disiapkan mencapai Rp4,12 triliun ini mengalami peningkatan 43,3 persen, jika dibandingkan realisasi lebaran tahun sebelumnya yang senilai Rp1,24 triliun," ucap Tutuk.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021