Samarinda (ANTARA Kaltim)- Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dewan Pendidikan setempat akan menggelar Awang Faroek Education Award, yakni penghargaan yang diberikan kepada tokoh dan pelaku yang memajukan pendidikan.

"Penghargaan ini akan digelar di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, pada Senin malam, 19 November 2012," ujar Ketua Dewan Pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu.

Selain dilakukan pemberian penghargaan pada malam hari, pada siang harinya juga akan digelar lokakarya bertajuk Kaltim Cemerlang Education Forum.

Lokakarya ini untuk menyerap masukan dalam merancang pembangunan di Kaltim ke depan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh Kaltim.

Sedangkan tim penilai yang menetapkan layak atau tidaknya tokoh, perusahaan, atau pelaku pendidikan yang berhak menerima Awang Faroek Education Award adalah, tim dari Universitas Mulawarman, Dewan Pendidikan Kaltim dan PGRI Kaltim

Dalam Awang Faroek Education Award, beberapa pihak yang akan mendapat penghargaan dari Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak antara lain, para bupati atau wali kota yang memiliki kepedulian tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan.

Penghargaan tersebut akan terbagi menjadi beberapa kategori, seperti penghargaan untuk bupati atau wali kota, tokoh masyarakat, perusahaan, komite sekolah, yayasan, guru berjasa dan berprestasi di semua jenjang pendidikan, siswa semua jenjang pendidikan, dan untuk sekolah di semua jenjang.

Untuk kategori guru dan siswa di semua jenjang, masing-masing akan dibagi menjadi tiga, yakni untuk jenjang SD, SLTP, dan SLTA sehingga khusus kategori ini ada enam sub kategori.

Penghargaan yang akan diberikan kepada mereka antara lain berupa tropi dan piagam dari Gubernur Kaltim. Untuk kategori tertentu juga akan diberikan uang pembinaan yang nilainya belum ditentukan.

Mereka yang mendapat penghargaan adalah orang-orang yang memiliki nilai lebih dalam pengembangan pendidikan di Kaltim, misalnya perusahaan yang mendapat penghargaan adalah dipilih yang peduli terhadap pendidikan melalui CSR maupun bentuk kegiatan lainnya, atau yayasan yang memiliki peran penting dalam upaya mencerdaskan bangsa, termasuk wartawan yang turut memajukan pendidikan lewat berita yang disajikan.

Menurut Bohari, nama-nama yang akan diberikan penghargaan yang merupakan usulan dari kabupaten dan kota, semuanya sudah masuk. Tetapi tim pembahas di Pemprov Kaltim hingga kini belum memutuskan siapa saja yang layak menerima penghargaan tersebut.

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012