Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda menggelar donor darah.
 

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda dengan PMI Samarinda setiap tiga bulan sekali,” kata koordinator kegiatan donor darah,Chamdany di Samarinda, Rabu (7/4).

Ia mengatakan hasil  donor hari ini  alhamdulillah mendapatkan  48 kantong dari 55 pendaftar,  7 orang  diantaranya tidak bisa diambil darahnya karena  mengalami tekanan, HB rendah.  Adapun pendonor  selain dari kalangan karyawan dan Badan Pengawas Perumdam juga  sejumlah awak media yang merupakan mitra Perumda Tirta Kencana.

Diakuinya di masa pendemi COVID-19 memang terjadi penurunan pendonor darah  dibanding sebelumnya pandemi. Namun hal itu tidak menjadi masalah kegiatan bhakti sosial Perumdam tetap berjalan dengan baik.

Chamdany menambahkan pelaksanaan kegiatan donor darah Perumdam Tirta Kencana tetap  mematuhi  anjuran Pemerintah mentaati  protokol kesehatan, yakni  menjaga jarak,  tidak diperkenankan berkumpul dalam suatu ruangan, memakai masker dan mencuci tangan dengan Handsanitizer atau sabun sebelum dan sesudah beraktifitas.

Dikemukakannya  sebelum melakukan donor peserta  harus mengisi  formulir ,  masuk  ruang tunggu yang sudah berjarak  atau diatur sedemikian rupa oleh petugas  PMI sebelum masuk ke ruangan donor darah.

“Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membantu PMI Samarinda yang sering mengalami kekosongan stok darah dan dapat membatu pasien yang membutuhkan darah,” katanya.

Sementara itu Unit Donor Darah PMI Kota Samarinda, ujar Dr Helda Fitriyani didampingi  Nasrina dari UPTD PMI Samarinda mengapresiasi dari jajaran Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda yang secara rutin menggelar kegiatan donor  darah.

“Kami dari Unit donor darah  PMI Kota Samarinda mengucapkan  terima kasih atas kontribusi rekan rekan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda  dalam pemenuhan kebutuhan stok darah di PMI,” katanya.

Helda Fitriyani menambahkan untuk jadwal  donor darah selanjutnya  pada bulan Juli 2021. Semoga pandemi  COVID -19 segera berakhir  dan bisa kembali dalam kehidupan normal.
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021