Puluhan calon haji asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur menjalani vaksinasi COVID-19 di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, Jumat.
 

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Mochlis Hasan di Samarinda, Jumat, mengatakan calon haji yang mendapatkan vaksin tersebut mereka yang batal berangkat tahun kemarin akibat pandemi COVID-19.

"Para calon jamaah haji yang mendapatkan kuota vaksin jumlahnya 539 orang. Mudah-mudahan kuotanya tidak berubah dan tidak ada pengurangan,” katanya.

Ia menjelaskan pendaftar haji pada 2020 di Kota Samarinda sebenarnya 576 orang, namun hanya 539 calon yang sudah menyelesaikan pelunasan.

"Kami akan memfasilitasi dan mempersiapkan seluruh persiapan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat, termasuk juga, 'swab test' (tes cepat) PCR,” kata dia.

Mochlis mengatakan program vaksinasi COVID-19 untuk calon haji ini dilaksanakan secara bertahap sejak dua pekan kemarin.

"Khusus vaksin pada hari ini (26/3) para jamaah dengan usia di bawah 50 tahun dengan jumlah sekitar 142 jamaah," katanya.

Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso saat meninjau vaksinasi tersebut, mengatakan pemkot setempat akan memfasilitasi para calon haji akan berangkat ke Mekkah, khususnya terkait dengan persyaratan kesehatan.

"Sejumlah persiapan sudah dilaksanakan dan saat ini yang terpenting adalah menyiapkan semua persyaratan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi sehingga saat keberangkatan tidak ada lagi kendala untuk jamaah haji," kata dia.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021