Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Ketua  Komisi III  DPRD Paser, Kalimantan Timur, Miswan Thahadi, akan mencabut  tanda  bintang yang terdapat pada pos anggaran untuk operasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Paser. 

"Pencabutan tanda bintang ini, menyusul keterangan bahwa tidak ada konflik internal di tubuh KNPI," kata Miswan Thahadi usai menerima kedatangan Wakil Ketua DPD KNPI Muhammad Idris di ruang Komisi  III DPRD Paser, Senin.  

Dalam  APBD Perubahan 2012, pos anggaran untuk KNPI diberi tanda bintang oleh badan anggaran legislative. Tanda bintang ini artinya anggaran tidak bisa dicairkan. Alasan pemberian tanda bintang ini dikarenakan munculnya konflik internal di tubuh KNPI.
 
Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua KNPI M Idris menjelaskan bahwa konflik internal sudah selesai dan sudah terbentuk kepengurusan yang baru periode 2012-2015.

Ia  juga menunjukkan Surat Keputusan (SK) DPD  KNPI  Provinsi Kaltim yang menetapkan Azhery Asmar  ST sebagai Ketua dan Abdul Kadir Sambolanei SS MA sebagai sekretaris.

Azhery Asmar-Abdul Kadir terpilih setelah melalui Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Muskablub) Pemuda/KNPI  Paser, pada 9 Agustus 2012 di  Kecamatan Long Kali. 

Muskablub ini sebagai buntut dari mosi  tidak percaya  kepada  Ketua  KNPI Paser  Ikhwan Faisyal  yang  terpilih  pada Musyawarah Kabupaten (muskab) KNPI di Tana Paser beberapa bulan sebelumnya.

Ditambahkan Idris, ia menjamin tidak ada  permasalahan  lagi  pasca  terbitnya SK dari  DPD Provinsi Kaltim.  Apalagi sebagain besar jajaran pengurus di KNPI  hasil  Muskablub  adalah pengurus KNPI hasil  Muskab KNPI di Tana Paser. 

"Kepengurusan KNPI versi Muskablub Long Kali telah mengakomodasi para pengurus hasil muskab Tana Paser, karena itu tidak ada masalah lagi," katanya.

Menanggapi penjelasan dari  pihak KNPI, Miswan Thahadi mengetakan Komisi III segera membahas bersama anggotanya.

"Dalam waktu dekat ada keputusan, yang jelas setelah ada klarifikasi  dari pengurus KNPI dan adanya jaminan tidak akan ada masalah,  tanda bintang pasti akan dicabut," katanya.

Rencananya, pelantikan Pengurus DPD KNPI Paser akan dilantik pada 12 November 2012 di Pendopo Kabupaten Paser.  (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012