Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengingatkan Pemkab Penajam Paser Utara untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil guna menyambut rencana perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke daerah itu.
 
 
"Pemindahan IKN ke PPU (Penajam Paser Utara) akan dipusatkan di Kecamatan Sepaku, maka kawasan ring 1 Sepaku dan sekitarnya yang harus menjadi perhatian utama," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim M. Syirajudin di Samarinda, Kamis.
 
Tenaga terampil yang disarankan segera dilatih antara lain untuk mencetak tukang yang kompeten dan bersertifikasi, misalnya tukang las, tukang pipa, tukang kayu, tukang besi, hingga tukang batu.
 
Hal itu, kata dia, perlu dipenuhi karena dalam rencana pemindahan IKN tentu banyak gedung yang harus dibangun, seperti istana negara, gedung kementerian, lembaga, markas, dan perkantoran.
 
Semua pembangunan fisik tersebut, lanjutnya, diperlukan tenaga kerja terampil dan bersertifikasi, sehingga untuk pelatihannya disarankan menggandeng lembaga berkompeten, seperti Balai Latihan Kerja (BLK) maupun lembaga lain yang berpengalaman.
 
"Selain itu, di PPU, terutama di Sepaku dan sekitarnya juga perlu disiapkan tenaga terampil bidang lain, seperti mebeler agar kebutuhan kantor dalam rangka IKN tidak perlu memasok mebeler dari luar, cukup di daerah terdekat saja," ujar Iyad, panggilan akrabnya.
 
Iyad melanjutkan pemuda setempat juga perlu dilatih untuk servis AC, servis elektronik, servis telepon pintar, dan lainnya karena diperkirakan ada 1,5 juta penduduk baru di IKN. Banyaknya penduduk pasti memerlukan jasa perbaikan barang elektronik.
 
"Masih banyak peluang lain yang bisa ditangkap mulai kini, terutama untuk kecukupan bahan makanan, maka warga PPU perlu meningkatkan produksi pertanian, peternakan bebek atau ayam petelur/pedaging hingga kebutuhan pangan lainnya," ucap dia.(ADV)
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021