Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi tinggi terhadap Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), karena berhasil memfasilitasi semua desa di calon Ibu Kota Negara (IKN) baru sehingga memiliki laman (website) desa.
 

"Untuk itu, kami akan memberikan perhatian khusus bagi desa-desa di PPU dalam pendayagunaan laman," ujar Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim Sri Wartini di Samarinda, Selasa.
 
Perhatian khusus yang akan dilakukan pihaknya adalah dengan melakukan pelatihan peningkatan kapasitas bagi operator desa, termasuk bagi aparatur desa yang membidangi hal-hal tertentu dalam pengelolaan laman.
 
Selain itu, lanjutnya, di PPU juga akan dijadikan lokasi khusus sistem informasi desa, karena dengan adanya semua desa yang telah memiliki laman, maka penyebaran informasinya akan lebih cepat dan mudah diakses publik.
 
Namun demikian, keberadaan laman tersebut diharapkan tidak sekadar ada, namun harus terus dilakukan pembaruan informasi setiap pekan, jika perlu tiap hari hendaknya ada informasi baru yang disajikan.
 
"Informasi yang diharapkan terutama tentang kegiatan dan hal lain yang berkaitan dengan kondisi desa seperti kegiatan yang anggarannya dari APBDes, data sosial ekonomi desa, potensi desa, dan data lainnya," ucap Sri.
 
Hal ini, lanjutnya, selaras dengan arahan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs), sehingga target SDGs untuk pemutakhiran data tahun ini dapat dilakukan.
 
Sebelumnya, Kasi Pendataan dan Pengembangan Informasi Pembangunan DPMD Kabupaten PPU Ika Sutiyarsih mengatakan, Kabupaten PPU memiliki 30 desa yang tersebar pada empat kecamatan. Semua desa tersebut telah memiliki laman.
 
"Semua laman ini dibuatkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika awal Desember 2020. Saat penyerahan laman melalui virtual waktu itu sekaligus diberikan pelatihan pengoperasiannya. Ada pula pelatihan pemanfaatan aplikasi Adminduk," ucap Ika.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021