Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur melakukan pertemuan dengan tenaga teknis untuk persiapan penyegaran pendamping desa/kelurahan.
 
 
"Penyegaran bagi pendamping desa/kelurahan, berdasarkan jadwal akan digelar pada pekan keempat Februari ini," ujar Kabid Pemberdayaan, Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Gusti, di Penajam, Senin.
 
Dalam penyegaran ini kegiatan utamanya adalah peningkatan kapasitas bagi pendamping desa/kelurahan dalam Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (P2KPM) Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Penyegaran sekaligus pelatihan bagi pendamping ini digelar tujuh hari efektif, sehingga total waktu yang dibutuhkan adalah sembilan hari mulai dari pembukaan hingga penutupan.
 
Jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan ada 63 orang, terdiri atas 30 pendamping desa, 24 pendamping kelurahan, dan sembilan pendamping kecamatan.
 
"Tujuan pelatihan antara lain agar pendamping memahami konsep Program P2KPM, menguasai petunjuk teknis operasional, memiliki orientasi terhadap lingkup tugas, dan terampil mengendalikan program," kata Gusti.
 
Sementara menurut tenaga teknis Program P2KPM Penajam Paser Utara Bambang Sulistijono, dalam pelatihan selama tujuh hari tersebut ada enam materi besar yang akan disampaikan ke pendamping.
 
Masing-masing materi terdapat beberapa pokok bahasan, kemudahan tiap pokok bahasan terdapat beberapa subpokok bahasan, sehingga dalam waktu tujuh hari itu peserta mendapat materi padat dengan pola belajar menyenangkan.
 
"Enam materi besar itu adalah orientasi belajar, teknik dasar fasilitasi, teknik pengembangan penghidupan berkelanjutan, pelaksanaan program, pengendalian, serta rencana dan ukuran kinerja," ucapnya.(ADV)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021