Samarinda  (ANTARA Kaltim) - Peserta dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pingkan O Pudung, berhasil menjadi juara setelah menyisihkan 11 finalis lain dalam malam Grand Final, Jumat, sehingga ia dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kaltim 2012.

"Tadi malam merupakan Grand Final pemilihan Putri Pariwisata Kaltim yang diikuti 12 finalis dari 10 kabupaten. Keberhasilan Pingkan tersebut, maka dia akan mengikuti pemilihan Putri Pariwasata Indonesia pada 2013," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kaltim HM Aswin di Samarinda, Sabtu.

Malam Grand Final yang berlangsung di Swisbell Hotel Samarinda itu juga menghasilkan runner up I yang diraih Dewi Nurfaiqo dari Balikpapan, kemudian runnur up II adalah Dhea Monika Khair dari Kabupaten Paser.

Selanjutnya untuk kategori Putri Pariwisata Favorit diraih Catur Dewi dari Bontang, Putri Pariwisata Persahabatan diraih Cory Elisabeth dari Kutai Barat, dan Putri Pariwisata Intelegensia diraih Fellsia Calista dari Samarinda.

HM Aswin berharap para juara berbagai kategori dalam pemilihan Putri Pariwisata itu mampu menjadi aset daerah dalam rangka menyampaikan informasi dan publikasi di sektor kepariwisataan di Kalimantan Timur (Kaltim), baik secara nasional maupun mancanegara.

Menurutnya, di antara misi kepariwisataan Kaltim adalah mewujudkan citra positif sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Untuk menuju ke arah itu memang sangat berat dan memerlukan perjuangan besar. Banyak pekerjaan yang harus disiapkan, mulai dari pembenahan objek wisata, penataan prasarana dan sarana, perbaikan sistem transportasi, pengembangan sumberdaya manusia, dan promosi gencar.

Pada 2008 bertepatan dengan 100 tahun kebangkitan nasional, pemerintah mencanangankan Tahun Kunjungan Indonesia (Visit Indonesia Year). Momentum tersebut juga dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebangkitan Pariwisata Indonesia.

Sedangkan tujuan digelarnya pemilihan Puteri Pariwisata Kaltim antara lain, untuk mendorong remaja putri agar terus berprestasi, meningkatkan pengetahuan tentang pariwisata daerah, menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya dan adat istiadat.

Kegiatan ini tidak sekedar menonjolkan kecantikan dan intelegensi semata, namun yang lebih ditekankan adalah pada kepribadian dan potensi diri, serta pengenalan dan pemahaman tentang kepariwisataan Kaltim yang sangat kaya akan keanekaragaman seni budaya serta nilai luhur masyarakat.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012