Kementerian Perhubungan RI telah menyetujui usulan penerbangan angkutan udara perintis bersubsidi di wilayah Provinsi Kalimantan Timur untuk tahun 2021.
 

"Usulan tersebut sudah lama kami sampaikan kepada Kemenhub, Kami bersyukur Pemerintah Pusat melalui Kemenhub akhirnya menyetujui subsidi penerbangan ini," kata Kadishub Kaltim AFF Sembiring di Samarinda, Selasa.

Ia menjelaskan penerbangan perdana bersubsidi angkutan udara perintis dilakukan sejak 25 Januari 2021 di Bandara APT Pranoto Samarinda. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda menggunakan dana APBN 2021.

"Penerbangan bersubsidi ini akan dilayani oleh maskapai Susi Air," jelasnya.

Ia mengatakan melalui penerbangan ini diharapkan bisa membuka daerah-daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) serta menghubungkan ke daerah-daerah terpencil ke pusat kegiatan perekonomian di wilayah Kaltim.

"Harapan kita dengan penerbangan beribsidi ini bisa terwujud pemerataan perekonomian dan pembangunan di wilayah Kaltim," katanya.

Ia menjelaskan rute angkutan bersubsidi adalah Samarinda – Long Apung (PP) 4x seminggu, Samarinda – Datah Dawai (PP) 4x seminggu, Datah Dawai – Melak (PP) 1x seminggu. Selanjutnya Samarinda – Muara Wahau (PP) 1x seminggu, Samarinda – Maratua (PP) 3x seminggu, dan Kalimarau – Maratua (PP) 1x seminggu.

"Bagi masyarakat yang ingin melihat jadwal lengkap penerbangan bersubsidi ini bisa mengakses melalui http://dishub.kaltimprov.go.id," kata Sembiring.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021