Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim selama 2012 menggelar sembilan kali diklat kepemimpinan (Diklatpim) IV untuk PNS dengan struktural eselon IV, baik di lingkungan Pemprov Kaltim, kabupaten, maupun kota.

"Dari sembilan kali Diklatpim IV yang digelar sejak Februari hingga November 2012, total peserta yang mengikutinya sebanyak 320 PNS," ujar Kepala Bandiklat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) H Syafruddin Pernyata di Samarinda, Selasa.

Menurut Syafruddin, Diklat tersebut dimaksudkan agar peserta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar, memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Adapun tujuan kurikuler umum, ujarnya, adalah setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan struktural Eselon IV yang disandangnya.

Sementara tujuan kurikuler khusus adalah, setelah mengikuti diklat tersebut, peserta diharapkan mampu memahami tugas dan fungsi instansi, memahami fungsi manajemen organisasi, sistem, dan prosedur secara benar.

Dia merinci, untuk peserta Diklatpim IV yang diikuti peserta dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemprov Kaltim mencapai 80 orang, sedangkan kegiatannya dilakukan dua kali diklat atau satu kali diklat terdapat 40 peserta.

Kemudian Diklatpim IV yang diikuti peserta dari Pemkab Kutai Barat juga sebanyak 80 orang yang terbagi dalam dua kali diklat, atau terdapat dua angkatan.

Kemudian dari Kabupaten Berau terdapat 40 peserta dengan diklat yang digelar sebanyak dua angkatan, atau setiap angkatan hanya terdapat 20 peserta.

Berikutnya peserta diklat dari Kota Tarakan sejumlah 80 orang dengan diklat yang digelar sebanyak dua kali, sehingga masing-masing angkatan terdapat 40 peserta.

Selanjutnya adalah Diklatpim IV untuk Kabupaten Nunukan sebanyak 40 orang yang digelar hanya satu angkatan. Sedangkan dari kabupaten dan kota lainnya, pada 2012 ini tidak ada pejabat eselon IV yang dilakukan diklat.

Pemberian materi dalam Diklatpim IV ini mencapai 285 jam pembelajaran, meliputi kajian sikap dan perilaku. Kajian ini dirahkan pada pembinaan sikap dan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012