BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) cabang samarinda pada Selasa (29/12) melakukan kunjungan ke Bank Kaltimtara dalam rangka silaturahmi sekaligus sosialisasi terkait Paritrana award 2021.


Paritrana Award  sendiri merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) Republik Indonesia dalam perlindungan tenaga kerja.

Nama Paritrana diambil dari bahasa sansekerta yang berarti perlindungan.

BPJamsostek bertugas untuk mensosialisasikan terkait program tersebut kepada badan usaha terkait yang bisa menjadi kandidat dalam kompetisi tersebut, dalam hal ini salah satunya adalah Bank Kaltimtara sebagai perwakilan dari Kalimantan Timur, selain itu ada beberapa badan Usaha lain yang dikunjungi untuk mensosialisasikan hal yang sama.

Dari Bank Kaltimtara sendiri pada hari tersebut disambut langsung oleh pimpinan departemen kompensasi dan benefit dari divisi human capital Nur Huda, menyambut baik terhadap hal yang disampaikan team BPJamsostek yang dihadiri Asror selaku Kepala Bidang kepesertaan. 

Sebagai informasi untuk paritrana award 2020 dimenangkan oleh Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat untuk kategori Pemerintah Provinsi.

Pada kategori pemerintah kabupaten/kota, penghargaan diberikan kepada Kota Cimahi, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Penghargaan di kategori perusahaan besar diberikan kepada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Yamaha Indonesia Motor manufacturing, dan PT Bank Pembangunan Daerah Bali.

Berikutnya PT Two In One (Aquarius Boutique Hotel), PT Kunango Jantan, dan PT Pralon Depok meraih penghargaan Paritrana kategori perusahaan menengah.

Untuk kategori Usaha Mikro dan Kecil, ada 34 pemenang yang dipilih dari 34 provinsi di Tanah Air.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Samarinda, Cep Nandi Yunandar mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di daerah Provinsi Kalimantan Timur serta memberikan informasi kepada stakeholder tentang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana) Award.

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020