Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltim menggelar sejumlah lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-67, di antaranya lomba menulis cepat dan lomba menarik mobil kas keliling milik BI.

"Untuk Lomba Menulis Cepat, khusus diikuti Insan Pers yang ada di Samarinda, sedangkan lomba yang diikuti pegawai BI Kaltim dan masyarakat sekitar antara lain lomba Menarik Mobil dan lomba Memasukkan Air Dalam Botol bagi anak-anak," ujar Deputi Pemimpin BI Kaltim Bambang Is Widyantoro di Samarinda, Minggu.

Untuk lomba menulis cepat yang diikuti Insan Pers, juara pertama direbut oleh M Ghofar dari LKBN ANTARA, sedangkan juara kedua dari Tribun Kaltim, dan juara ketiga dari Kaltim Pos.

Dalam lomba menulis cepat, lanjutnya, panitia membebaskan kepada peserta untuk membuat berita dengan judul apa saja, asalkan tidak keluar dari tema yang telah ditentukan, yakni tema tentang isu perkembangan ekonomi yang sedang hangat saat ini.

Dalam lomba tersebut, M Ghofar membuat berita dengan judul "Jepang Jadi Tujuan Ekspor Tertinggi Kaltim". Sedangkan hal-hal yang dinilai oleh juri dalam tulisan itu adalah, selain tema yang pas juga mengenai tulisan tangan harus dapat dibaca dan jumlah tulisan terbanyak atau terpanjang.

Waktu yang disediakan oleh panitia dalam Lomba Menulis Cepat adalah 15 menit. Dalam jeda waktu tersebut, peserta lomba harus memiliki ide dengan cepat tentang tulisan yang akan dibuat.

Juara satu hingga juara tiga dalam lomba menulis itu masing-masing mendapat uang pembinaan dari BI Kaltim, sedangkan bagi peserta lomba menulis cepat yang tidak memperoleh juara, tetap mendapat kenang-kenangan atau "door price".

Sedangkan untuk lomba menarik mobil kas keliling, masing-masing tim penarik mobil dengan menggunakan tambang sebanyak lima orang, yakni tiga orang menarik mobil dan dua orang lainnya bertugas melepas ganjal mobil da memasangnya kembali ketika sampai di tujuan.

Lomba menarik mobil tersebut dalam ceritanya adalah seolah-olah itu adalah mobil kas keliling milik BI Kaltim yang sedang terperosok ke dalam selokan, bahkan mobil itu juga mogok, padahal mobil kas keliling itu harus segera jalan untuk melayani perbankan, untuk itu harus ditarik oleh tim.

Dalam lomba ini diikuti oleh pegawai BI Kaltim dan masyarakat sekitar Kantor BI Kaltim. Begitu pula dengan lomba memasukkan air ke dalam botol, selain diikuti anak-anak dari pegawai BI Kaltim juga diikuti anak-anak dari masyarakat sekitar.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012