Kutai Kartanegara kaya akan potensi sumder daya alam dan wisatanya. Kini, para pelancong kembali disuguhkan salah satu destinasi wisata baru, tepatnya di Kelurahan Pemedas, Kecamatan Samboja.


Pantai Duta Pemedas, beroperasi akhir 2019 lalu. Sempat ditutup karena pandemi Covid-19, kini kembali dibuka untuk umum.

“Satu mobil itu tarif masuk Rp 30 ribu, motor Rp 10 ribu. Dihitung per kendaraan bukan per orang,” ungkap Humas Pantai Duta Pemedas Zainal Abidin, saat menerima kunjungan wartawan dari Kukar, belum lama ini.

Pemedas juga menyediakan paket camping, wisatawan dapat menyewa satu gazebo seharga Rp 100 ribu. Pengelolaan pantai ini, diinisiasi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai yang tergabung dalam Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata Pantai Duta.

Sebagai gambaran, Pantai Duta Pemedas memiliki panjang sekitar 850 meter. Pengunjung dapat menikmati sajian tempat duduk yang tepat menghadap ke pantai dan sejumlah spot untuk berfoto selfie.

“Pengunjung yang ingin makan sambil menikmati suasana pantai juga bisa, di sekitaran sudah tersedia berbagai varian warung makan dengan menu yang berbeda-beda,” kata Zainal Abidin.

Selain itu, juga ada motor ATV yang dapat digunakan pengunjung untuk menyusuri tepi pantai.
 “Untuk sementara fasilitas tersebut yang tersedia, karena memang masih baru. Untuk tarif motor ATV Rp 50 ribu per 15 menit,” kata Zainal.

Pengelola Pantai Duta Pemedas juga memperhatikan faktor keamanan dan kebersihan. Di mana Pokdarwis Pantai Duta bekerja sama dengan Muspika atau Msuyawarah Pimpinan Kecamatan Samboja.

“Kami ingin memberikan pelayanan terbaik buat para pengunjung. Selain itu, ke  depan kita juga akan bekerjasama dengan pihak travel untuk menyediakan paket wisata,” kata Zainal. 


INFO GRAFIS:
 
Info Grafis: Destinasi Wisata Pantai Duta Pemedas (Antaranews Kaltim/Arumanto)



 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020