Pemerintah Provinsi  Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah bagi pemuda Kaltim. Pelatihan dibagi menjadi tiga kelas mengikuti batasan peserta sebagaimana protokol kesehatan COVID-19 yang telah ditetapkan. 
 

“Pemprov Kaltim mengucapkan terima kasih kepada para instruktur dan narasumber yang telah menyempatkan waktunya pada kegiatan pelatihan pengurusan jenazah ini,”ujar Plt Kadispora Kaltim, H M Agus Hari Kesuma ketika membuka pelatihan dengan peserta kelas pertama sebanyak 10 orang putra dan 10 orang putri, di Aula Dispora Kaltim, Senin (26/10).

Ia berpesan agar peserta dapat menyerap dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat dan mampu memberikan konstribusi positif dalam menjalankan nilai–nilai agama dengan tetap berpegang kepada adat istiadat dan budaya.

“Ikutilah pelatihan ini dengan serius, semoga ilmu fardhu kifayah ini semakin banyak yang mengetahui dan memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat. Setelah mengikuti pelatihan ini, kalian harus dapat menyerap dan mempraktekkan sesuai dengan materi pelatihan di lapangan nantinya,”pesannya

Tak kalah pentingnya kata Agus peserta harus mampu mengestafetkan pengetahuan tentang cara pengurusan jenazah kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga tahu dan mampu dalam pelaksanaannya, apabila ada umat islam yang meninggal di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan generasi baru yang mampu melaksanakan penyelenggraan jenazah, sekaligus menyamakan persepsi tentang penanganan fardhu kifayah jenazah. Selain itu untuk meningkatkan peran serta dan motivasi masyarakat dalam membentuk lembaga dalam mengurus jenazah,”harap pria yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim tersebut.

Dirinya pun tidak lupa berpesan kepada semua yang  terlibat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan diantaranya selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Agus menambahkan kelas selanjutnya akan dilaksanakan pada minggu pertama dan minggu kedua bulan November 2020 dengan narasumber pelatihan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020