Anggaran penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang besarnya lebih kurang Rp25 miliar, sampai saat ini terserap sekitar 55 persen.

"Lebih dari enam bulan mewabahnya virus corona, dana penanganan COVID-19 terserap 55 persen," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnlod Wayong ketika ditemui di Penajam, Rabu.

Serapan terbesar anggaran COVID-19 jelasnya, yakni untuk kegiatan pengetatan di pintu-pintu masuk wilayah dan belanja APD (alat pelindung diri) untuk para petugas.

Dana penanganan virus corona tersebut lanjut Arnold Wayong, salah satunya untuk membayar upah para petugas jaga posko pengetatan pintu-pintu masuk ke wiayah Penajam Paser Utara.

"Upah untuk masing-masing petugas penjaga posko pengetatan pintu masuk wilayah itu sebesar Rp50.000 sampai Rp70.000 per hari," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengalokasikan anggaran lebih kurang Rp25 miliar untuk penanganan dan pencegahan mewabahnya virus corona kepada Dinas Kesehatan setempat.

Dari total anggaran yang dialokasikan pemerintah kabupaten tersebut menurut Arnold Wayong, sampai saat ini tersisa lebih kurang Rp11 miliar.

Namun dana penanganan COVID-19 lebih kurang Rp25 miliar yang dialokasikan pemerintah kabupaten itu diakuinya, yang sudah masuk ke kas Dinas Kesehatan baru sekitar Rp15 miliar.

"Anggaran virus corona dicairkan secara bertahap, kalau dana di Dinas Kesehatan sudah tidak mencukupi dikoordinasikan lagi dengan pemerintah kabupaten," kata Arnold Wayong.

Sejak Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan siaga darurat COVID-19, Dinas Kesehatan harus memenuhi kebutuhan alat pelindung diri dan suplemen para petugas.

Dana penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Penajam Paser Utara berasal dari pengalihan sejumlah anggaran kegiatan yang sebelumnya dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2020.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020