Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Samarinda menggelar pelatihan digitalisasi UMKM online dan offline  atau tatap muka yang dimulai 12-15 September 2020 dengan total jumlah peserta   100 orang.

"Pelatihan digitalisasi UMKM online dan offline  tersebut   diikuti 25 orang dari pelaku usaha kriya dan fashion setiap harinya. Bahkan kemungkinan tidak hanya diikuti 100 orang peserta dari Samarinda, tapi bisa saja diikuti  seluruh UMKM di Indonesia  karena melalui webinar," kata  Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda, Muhammad Faisal, Sabtu.

Dia mengapresiasi Bank Indonesia Perwakilan Kaltim yang memberikan dukungan dalam kegiatan pelatihan ini. Pelatihan digitalisasi UMKM online dan offline  tersebut   diikuti 25 orang dari pelaku usaha kriya dan fashion setiap harinya. 

 Adapun  narasumber  dari Jakarta di antaranya Darwis  Triadi adalah seorang ahli fotografer glamor dan fashion senior Indonesia, akan menyampaikan tentang  foto produk menggunakan smartphone.

Kamudian Zuhedi Nur, GM Fintech Telkom Indonesia akan memberikan materi tentang  onboarding QRIS UMKM dan Made Yoga Sudharma Kepala OJK Kaltim  tentang  akses pembiayaan UMKM.

Faisal mengungkapkan pada saat pembukaan pelatihan, Deputi KPwBI Kaltim  Yudhistira  mengatakan  tentang QRIS  adalah  sebuah solusi digitalisasi pembayaran UMKM.

Pada kesempatan itu juga  Sekretaris Kota Samarinda  Sugeng Chairuddin  menyampaikan bahwa digital marketing adalah strategi tepat untuk UMKM apalagi dimasa pandemi COVID-19.

Sementara paserta pelatihan offline  yang ada di ruangan bisa mengikuti langsung melalui layar LED yang sudah disiapkan di panggung. Setelah  itu dilanjutkan  derngan pelatihan praktek langsung.

Faisal mengungkapkan  kegiatan pelatihan digitalisasi UMKM  adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas-BBI) yang sudah dilaunching oleh Presiden Jokowi  dan telah  di canangkan  Walikota Samarinda pada tanggal 13 juli 2020 .

Salah seorang peserta pelatihan, Wahyu Se’rachman yang merupakan disaigner fashion menyatakan sangat bangga dan senang bisa mengikuti pelatihan yang digelar Disperin Samarinda.

“Saya senang mendapat kesempatan bertemu langsung mas Darwis Triadi, biasanya hanya mengikuti pelajaran via online satu arah saja, sekarang tadi  bisa langsung bertanya dalam sesi diskusi,,” katanya.

Wahyu menambahkan materi lainnya juga sangat menambah wawasan kami sebagai pengusaha kecil, semoga kegiatan seperti ini berlanjut.

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020