Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur segera mengumumkan hasil seleksi perekrutan pendamping desa/kelurahan, khusus untuk ditempatkan di wilayah Kecamatan Sepaku.
 

"Perekrutan yang kini sudah mendapatkan hasil ini merupakan rekrutmen susulan karena ada beberapa pendamping desa di Kecamatan Sepaku yang mengundurkan diri," ujar Sekretaris DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin saat memimpin pertemuan dengan staf terkait dengan rencana pengumuman hasil rekrutmen tersebut di Penajam, Selasa.

Dalam seleksi calon pendamping desa/kelurahan Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (Pro-P2KPM) Kabupaten Penajam Paser Utara yang digelar dua pekan sebelumnya, terdapat 12 pendaftar.

Dari 12 pendaftar itu, ada satu pendaftar yang tidak hadir saat dilakukan tes sehingga dinyatakan gugur. Selanjutnya, dari 11 peserta yang mengikuti tiga tahap tes, yakni psikotes, wawancara, dan kompetensi, terdapat lima orang dinyatakan lulus.

Sebanyak lima orang yang dinyatakan lulus akan ditempatkan di satu kelurahan dan tiga desa, kemudian satu pendamping yang dilakukan relokasi karena tempat tinggalnya jauh dari lokasi tugas, sehingga satu orang pendamping yang baru lulus akan mengisi posisi pendamping desa yang dilakukan relokasi tersebut.

"Lima pendamping yang lulus itu segera kami tempatkan di Kelurahan Sepaku, Desa Tengin Baru, Bukit Raya, Karang Jinawi, dan Desa Argomulyo. Untuk pendamping desa Pro-P2KPM yang sekarang masih bertugas di Desa Argomulyo akan direlokasi ke Desa Gunung Makmur guna mendekatkan ke tempat tinggalnya," ucap Saidin.

Bagi enam peserta lainnya yang belum mendapat penugasan, kata dia, juga dinyatakan lulus cadangan berdasarkan hasil nilai tes, kemudian mereka akan mendapat tugas jika suatu saat ada posisi yang lowong atau jika ada yang mengundurkan diri.

Ia menyatakan bahwa kelulusan itu berdasarkan nilai yang diperoleh dari tiga tahap tes tersebut, sehingga masing-masing peserta tes mendapat nilai sesuai dengan penilaian tim seleksi.

"Rencananya mereka akan bertugas mulai bulan depan, namun sebelum bertugas, mereka akan diberi pembekalan selama tiga hari oleh pendamping teknis Pro-P2KPM Kabupaten PPU agar mereka siap bertugas melakukan pendampingan di wilayah tugas masing-masing," kata Saidin.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020