Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Perusahaan tambang batu bara PT Berau Coal memberikan bantuan fasilitas pendukung untuk ruangan khusus VIP pasien anak Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai di Tanjung Redeb Berau.

"Untuk pemenuhan fasilitas pendukung ruangan VIP pasien anak tersebut, kita sangat terbantu dengan adanya dukungan dari PT Berau Coal yang menyumbang beberapa peralatan pendukung seperti lemari, kulkas, televisi, dan sofa dengan jumlah sesuai kebutuhan," kata Humas RSUD Abdul Rivai Berau, Dr Erva Anggriana, yang juga Sekertaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Berau, Rabu.

Menurut dia, bantuan itu sangat berarti, mengingat tanpa fasilitas pendukung itu, ruang VIP tersebut belum bisa dioperasikan, karena minimnya dana yang tersedia.

Ia mengatakan, RSUD Abdul Rivai terus melakukan pembenahan dan peningkatan jumlah dan kapasitas fasilitas yang diperlukan, di antaranya dengan menambah fasilitas bangunan yang ada dengan tujuh ruangan khusus VIP untuk pasien anak.

Menurut dia, untuk saat ini bukanlah suatu perkara mudah bagi manajemen RSUD untuk bisa secepat dan selengkapnya dalam menyiapkan segala kelengkapan fasilitas diperlukan, selain menanti anggaran dari Pemerintah Daerah juga pertimbangan kondisi finansial rumah sakit.

Karena itu, katanya, keberhasilan direalisasikannya ruangan VIP pasien anak dalam kurun waktu relatif cepat dan dengan fasilitas memadai, tidak lepas dari dukungan dari pihak swasta seperti PT Berau Coal yang telah menyumbang beberapa fasilitas pendukung.

Di tempat terpisah, Manajemen PT Berau Coal Ir Teddy Abay mengatakan dukungan merupakan bagian dari implementasi aktivitas corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang dilaksanakan melalui program Comdev.

Ada empat pilar pendekatakan dasar sekaligus menjadi penyangga utama program Comdev PT Berau Coal, yakni Pendidikan dan Pengetahuan, Kesehatan dan Nutrisi, Pelestarian Budaya dan Lingkungan, serta Kontribusi Sosial Ekonomi.

Pilar Kesehatan dan Nutrisi merupakan kegiatan Comdev dukungan perusahaan terhadap upaya pencapaian Program Pengembangan Masyarakat Sehat (Gardamas) yang sedang dan terus digalakan Pemkab Berau.

Menurut dia, PT Berau Coal mengimplementasikannya tidak saja bagi kesehatan masyarakat berdomisili di sekitar atau lingkar tambang, tapi juga seluruh masyarakat Kabupaten Berau, termasuk melalui dukungan fasilitas kesehatan di kawasan Kota Tanjung Redeb.

Ia menuturkan, untuk mendukung kesehatan dan nutrisi masyarakat khusus berdomisili jauh dari Tanjung Redeb antara lain dilakukan melalui kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pembangunan Posyandu, penyediaan air bersih, kunjungan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta dukungan fasilitas kesehatan setiap Puskesmas Pembantu yang ada di kampung.

"Apa yang menjadi harapan perusahaan sama dengan harapan kita semua yaitu berkeinginan pelayanan kesehatan di RSUD bisa terus ditingkatakan. Sesuai visi-misi yang ada PT Berau Coal akan selalu memberikan dukungan termasuk bagi pemenuhan sarana kesehatan yang memang menjadi prioritas kebutuhan mendesak, sehingga juga kita bisa secara bersama-sama mendukung Program Pemkab Berau, yakni terciptanya SDM memiliki fisik dan mental sehat, berkompetensi handal, dan menjadi investasi insani bagi kemajuan daerah dan masyarakat, bangsa dan negara," Teddy Abay. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012